MEMAHAMI KONSEP IPA DALAM PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Authors

  • Risalul Ummah
  • Kholifatur Rosyidah
  • Dwi Anggraeni Novitasari
  • Kholifatin Nisa' Masruroh
  • Muhammad Muhibbul Ilmi

DOI:

https://doi.org/10.55732/jdyf5m77

Keywords:

Perubahan wujud benda, konsep IPA, pembelajaran kontekstual, aktivitas sehari-hari, eksperimen sederhana, miskonsepsi, sains SD.

Abstract

Fenomena alam yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari termasuk perubahan wujud benda, seperti mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal. Dalam artikel ini, kami membahas bagaimana perubahan wujud ini dapat digunakan sebagai pendekatan kontekstual dan eksperimen untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep IPA di sekolah dasar, khususnya tentang aktivitas sehari-hari mereka. Metode ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengamatan ilmiah, serta membuat ide menjadi nyata dan mudah dipahami. Pembelajaran berbasis eksperimen dan konteks nyata terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan mengurangi miskonsepsi, menurut kajian pustaka dari berbagai penelitian.

References

Mutmainah, S., Tryanasari, D., & Jatmikawati, M. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas V Terhadap Konsep Perubahan Wujud Benda Tema 7 Subtema 2 Dengan Metode Eksperimen Di SDN 01 Taman. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4126-4133.

Najicha, B., & Aini, N. (2023). Optimalisasi Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia: Peran Media Pembelajaran Pagape terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda. Nusantara Educational Review, 1(1), 33-42.

Nuraini, M. F., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2021). Pengembangan multimedia interaktif materi perubahan wujud benda bagi siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 33-40.

Safitri, L. S. I., Hamdu, G., & Saputra, E. R. (2024). Analisis miskonsepsi siswa kelas V pada materi sifat dan perubahan wujud benda di SDN 1 Nagarawangi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 603-608.

Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

MEMAHAMI KONSEP IPA DALAM PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI KEHIDUPAN SEHARI-HARI. (2025). Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 317-322. https://doi.org/10.55732/jdyf5m77

Most read articles by the same author(s)