MEMAHAMI KONSEP IPA DALAM PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI KEHIDUPAN SEHARI-HARI
DOI:
https://doi.org/10.55732/jdyf5m77Keywords:
Perubahan wujud benda, konsep IPA, pembelajaran kontekstual, aktivitas sehari-hari, eksperimen sederhana, miskonsepsi, sains SD.Abstract
Fenomena alam yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari termasuk perubahan wujud benda, seperti mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal. Dalam artikel ini, kami membahas bagaimana perubahan wujud ini dapat digunakan sebagai pendekatan kontekstual dan eksperimen untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep IPA di sekolah dasar, khususnya tentang aktivitas sehari-hari mereka. Metode ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengamatan ilmiah, serta membuat ide menjadi nyata dan mudah dipahami. Pembelajaran berbasis eksperimen dan konteks nyata terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan mengurangi miskonsepsi, menurut kajian pustaka dari berbagai penelitian.
References
Mutmainah, S., Tryanasari, D., & Jatmikawati, M. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas V Terhadap Konsep Perubahan Wujud Benda Tema 7 Subtema 2 Dengan Metode Eksperimen Di SDN 01 Taman. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4126-4133.
Najicha, B., & Aini, N. (2023). Optimalisasi Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia: Peran Media Pembelajaran Pagape terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda. Nusantara Educational Review, 1(1), 33-42.
Nuraini, M. F., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2021). Pengembangan multimedia interaktif materi perubahan wujud benda bagi siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 33-40.
Safitri, L. S. I., Hamdu, G., & Saputra, E. R. (2024). Analisis miskonsepsi siswa kelas V pada materi sifat dan perubahan wujud benda di SDN 1 Nagarawangi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 603-608.
Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis




