Tantangan Atau Hambatan Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi

Authors

  • Risalul Ummah
  • Nelita Suryani Tri Safara Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Aisyah Rahma Ummi Kurnilasari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Hana Ribthi Dimas’udah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Virginia Arsariris Medy Sukma Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

tantangan, sikap

Abstract

Tujuan adanya Pendidikan Inklusi di Indonesia ialah agar dapat melayani kebutuhan Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pendidikan Inklusi ini sudah dijalankan di Indonesia lebih tepatnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang. Akan tetapi dalam penerapannya dapat ditemukan banyak kendala atau permasalahan yang dialami oleh guru dan sekolah dalam penerapan Pendidikan Inklusi di tingkat SD khususnya di wilayah Kota Yogyakarta. Permasalahan yang sedang dialami ialah kurangnya kompetensi guru dalam menghadapi siswa ABK, salah satu permasalahan yang terkait ialah kepedulian orang tua terhadap ABK, tidak hanya itu selain banyaknya siswa ABK dalam satu kelas, dan minimnya Kerjasama dari berbagai pihak misalnya seperti masyarakat, ahli professional dan pemerintah maka hal itu dapat menjadi problem dalam men-implementasikan Pendidikan Inklusi. Selain itu, minimnya keterampilan dan sikap guru dalam menangani ABK, keterbatasan sarana dan prasarana serta rendahnya kesadaran orang tua dan masyarakat terhadap hak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Agar terciptanya keberlangsungan pendidikan inklusi perlu adanya faktor pendukung yang paling penting yaitu partisipasi dari semua komponen didalamnya meliputi kepala sekolah, guru, orang tua, masyarakat, bahkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti ketersediaan petugas kesehatan dan lainnya. Kolaborasi antara sekolah dan komunitas juga menjadi kunci keberhasilan pendidikan inklusif

References

Pratiwi, J. C. (2015, November). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2015. Sebelas Maret University.

Amka, (2019), Buku Ajar Filsafat Pendidikan, Gagasan Konsep, Teori dan Analisis Filosofis Mengenai Sistem Pendidikan. Nizamia Learning Center, Sidoarjo.

Amka, A (2019). Sikap Orang Tua Terhadap Pendidikan Inklusif, Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, Vol. 1 (1). 15- 27. doi: 10.21070/madrosatuna.v3i1.2068

Beaupré et al. Bélanger, Collins & White, Guzmán, Ingram, Parent, Praisner, dalam Schmidt dan Venet 2012

Juwono, I. D & Kumara, A. (2011). Pelatihan Penyusunan Rancangan Pembelajaran pada Guru Sekolah Inklusi. Studi Kasus Pada SD “X” di Yogyakarta.

https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Bélanger dalam Schmidt dan Venet 2012

eripek, 2007 dan Kircal-Iftar, 1998 dalam Sadioglu, Batu, Bilgin, dan Oksal, 2013

Kompas 2012

https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Ummah, R., Nelita Suryani Tri Safara, Aisyah Rahma Ummi Kurnilasari, Hana Ribthi Dimas’udah, & Virginia Arsariris Medy Sukma. (2023). Tantangan Atau Hambatan Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 111–118. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1115