PENGARUH KURIKULUM MERDEKA DALAM BAHASA INDONESIA

Authors

  • Nur Nafisatul Fithriyah
  • Kholifatur Rosyidah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

Pengaruh, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia.

Abstract

Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh guru selama proses pembelajaran adalah kemampuan mereka untuk mengatasi keanekaragaman karakter dan minat peserta didik. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada kemampuan guru untuk mengatasi keanekaragaman ini. Kurikulum merdeka memberikan guru kebebasan yang lebih besar untuk memilih metode, materi, dan model penilaian yang lebih fleksibel. Jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum merdeka memiliki metode yang lebih baik karena tujuan pembelajarannya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, membentuk karakter yang baik, dan banyak lagi. Guru dapat menilai siswa secara akurat dalam kurikulum bebas ini.

References

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793.

Nurhuda, P. (2023). Dampak positif kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. SELASAR 7, 7(1), 82-92.

Ningsih, C. R., Sirait, G. A., & Harahap, S. H. (2024). Analisis penerapan literasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar terhadap keterampilan menulis siswa. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, 2(1), 74-80.

Nurhasna, N., Aswadi, A., Kasman, R., & Zain, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Rappang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 901-912.

Nuriah, C. I., Silvia, O., Pratiwi, P. D. N., Sari, S. R., Rhomadoni, S., & Zad, T. F. K. (2024). Meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa dalam pendidikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11-11.

Tulak, A. M., Gasong, D., & Baan, A. (2024). Efektivitas kompetensi guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sopai. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 832-839.

Widiastini, N. K., Sutama, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 13–22.

Zein, F. R. N. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk meningkatkan keaktifan dan fokus siswa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 19-19.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Fithriyah, N. N. ., & Kholifatur Rosyidah. (2025). PENGARUH KURIKULUM MERDEKA DALAM BAHASA INDONESIA. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 310–316. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1681