TANTANGAN GURU DALAM PENERAPAN PENILAIAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA DALAM MATERI IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Tantangan, Penilaian, Penguatan Profil Pancasila, GuruAbstract
Kurikulum merdeka bertujuan untuk memberi siswa kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Pada kurikulum merdeka pembelajran lebih interaktif, beragam dan konten lebih dominan. Guru pada kurikulum merdeka mempunyai keleluasan dalam memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat menyesuaikan dengan kebutuhan beljar dan minat peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenathui tantangan guru dalam penerapan penilaian proyek penguatan profuil pancasila dalam materi IPA di Madrsah ibtidaiyah. tantangan dalam penerapan penilaian proyek penguatan profil pancasila dalam materi IPA kurangnya pelatihan yang didapat oleh guru dalam menimplementasikan kurikulum merdeka dengan program P5 nya, dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah seperti sarana dasn prasarana dalam setiap sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Penting bagi pemerintah dan lembaga pendidikan terkait untuk memperhatikan masukan dari guru dan memberikan panduan yang lebih jelas dan dukungan yang memadai untuk mengatasi masalah dan tantangan yang mungkin muncul dalam proses implementasi.
References
Nabila, W., Andriana, E., & Rokkmanah, S. (2023). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Dikdaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 2865–2874.
Sasmita, Eli., Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru
Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, (6), 5545-5549.
Yansah, O & dkk. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar : Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2 (5), 48-52.
Aditomo, A & dkk. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Murid Pancasila. Kemendikbudristek.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis