Desain Kemasan Produk Pouch Kartini Bordir Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.921Kata Kunci:
Kartini Bordir, Identitas Produk, Desain KemasanAbstrak
Kartini Bordir Surabaya merupakan usaha rumahan yang memproduksi berbagai macam tas dan dompet wanita yang berlokasi di Surabaya. Produk tas dan dompet yang diproduksi Kartini Bordir memiliki ciri khas berupa motif bordir yang disematkan dalam setiap produknya sehingga menjadikannya sebagai pembeda dari kompetitor lainnya. Namun Produk Kartini Bordir masih belum memiliki desain kemasan yang berfungsi sebagai identitas produk dan sarana promosi. Kemasan yang digunakan pada produk Kartini Bordir masih berupa kotak mika polos yang hanya berfungsi perlindungan pada produk dari kerusakan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menciptakan desain kemasan yang berfungsi sebagai identitas produk dan media penyampaian informasi produk sebagai salah satu bentuk promosi. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengandalkan data primer yang didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan data yakni menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi kondisi internal dan eksternal pada produk untuk menentukan strategi yang tepat dalam meningkatkan peluang usaha produk Kartini Bordir. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengusung tema terkait langkah strategis dalam meningkatkan peluang bisnis pada usaha mikro kecil dan menengah.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.