Perancangan Maskot sebagai Identitas Visual Klinik Fan Vet Petcare Gresik

Penulis

  • Vandhu Hidayat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Masnuna Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Pungky Febi Arifianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i`1.1210

Kata Kunci:

Perancangan, Maskot, Klinik Hewan, Identitas Visual

Abstrak

Maskot merupakan sebuah karakter atau wujud yang bisa terbentuk dari manusia, hewan, atau objek yang dijadikan sebagai figur yang dianggap bisa menggambarkan dan atau mencerminkan citra sebuah perusahaan. Maskot memiliki peran penting dalam identitas visual suatu perusahaan karena dapat membuat sebuah kegiatan promosi lebih menarik. Dalam sebuah kegiatan promosi, Maskot dapat berinteraksi dengan audiens melalui caranya sendiri sehingga dapat menjadikan suasana lebih hidup dan menarik. Perancangan maskot untuk klinik Fan Vet Petcare Gresik ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat identitas visual sebuah klinik hewan agar dapat lebih menarik perhatian para pecinta hewan. Klinik Fan Vet Petcare Gresik cukup sering membuat konten edukasi sekaligus mengadakan promosi maupun kampanye untuk kebaikan hewan-hewan yang masih belum terawat dengan baik di jalanan maupun hewan peliharaan, sehingga dengan adanya maskot untuk klinik Fan Vet Petcare Gresik diharapkan dapat membuat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh klinik Fan Vet Petcare Gresik tersampaikan dengan baik dan menarik. Proses dan Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan kesimpulan sebagai acuan dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada. Perancangan desain maskot ini bertujuan untuk menjadi identitas visual dari sebuah klinik hewan Fan Vet Petcare Gresik sekaligus dapat menjadi identitas visualnya dalam mempromosikan atau mengkampanyekan suatu kegiatan positif untuk para pecinta hewan. Dalam perancangan desain maskot tersebut akan terdapat beberapa implementasi desain maskot dengan desain promosi maupun kampanye atau konten edukasi di sosial media.

Biografi Penulis

Vandhu Hidayat, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

Masnuna, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

Pungky Febi Arifianto, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

3

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-28

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama