Efektifitas Metode Point Counterpoint Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Ulum Sidoarjo

Penulis

  • Moh Anang Abidin ,
  • Muhimmatul Ulya Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo image/svg+xml

Kata Kunci:

Point counterpoint, critical thinking

Abstrak

The Point Counterpoint learning method is a learning method that prioritizes group work to discuss certain topics and then after that the group argues with other groups who may have different views and perspectives from the group. Thus the interaction between students in learning tasks will be created by itself. So that the development and achievement of student learning will be realized. The type of research conducted in this research is Classroom Action Research. That is a type of practical research intended to improve learning in the classroom. The result is that the point counterpoint learning model is more fun to apply, students can accept the material being taught by conducting in-depth discussions. They also feel comfortable and free and really like to exchange opinions with fellow group mates. The occurrence of changes in student learning outcomes is because they are required to be able to master the material that has been given by educators.

Referensi

Alec Fisher, 2008. Berpikir Kritis ; Sebuah Pengantar, Jakarta : Erlangga

Djamarah, S.B.2011, Psikolog Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Edward de Bono, 1990. Pelajaran Berpikir, Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Fauziah, Wina, dkk. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Dengan Point-Counter-Point Pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

H. Abu Ahmadi, 2004. Psikologi Belajar, Jakarta : PT Rineka Cipta,

H. Yatim Riyanto, 2009. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group,

https://kbbi.web.id/metode.html

Marno & M. Idris, 2008. Strategi & Metode Pengajaran ; Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif, Yogyakarta : Ar-Ruzz

Mel Silberman, 2007. Active Learning ; 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Naniek kusumawati dan Endang Sri Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar,Jawa Timur : Cv. Ae Media Grafika

Pupuh Fathurrahman, 2007. Strategi Belajar Mengajar; Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung : PT Refika Aditam, h. 3

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyono, 2009. Tesis: Implementasi pembelajaran ekonomi di SMA 1 bae kudus sebagai rintisan sekolah kategori mandiri, Surakarta:Universitas sebelas maret Surakarta.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sutrisno, 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia, Jogjakarta : AR-RUZZ

Wardani, 2006.PenelitianTindakan Kelas, Jakarta: Universitas s terbuka

Wulandari, Dewi. 2012. Pengaruh strategi pembelajaran Point Counterpoint terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XII di SMAN 2 Mojokerto. Surayaba: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Diterbitkan

2023-03-25

Cara Mengutip

Efektifitas Metode Point Counterpoint Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Ulum Sidoarjo. (2023). Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2). https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/831

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama