DETEKSI SPEECH DELAY DENGAN METODE BERCERITA DI TK ISLAM AN NUUR PURWOSARI

Authors

  • Tsaqibul Fikri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

keterlambatan berbicara, anak usia dini, bercerita

Abstract

Perkembangan bahasa anak menjadi hal penting yang harus dilakukan. Salah satunya
kemampuan anak untuk berbicara, berbicara merupakan cara yang dilakukan oleh manusia
untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Namun ada beberapa kendala yang
mempengaruhi perkembangan bahasa anak salah satunya yaitu speech delay (keterlambatan
berbicara) yang disebabkan kurangnya stimulasi bahasa. Salah satu upaya yang dilakukan
untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode bercerita.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode bercerita dapat digunakan untuk
deteksi keterlambatan berbicara anak.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi dini speech delay
(keterlambatan berbicara) anak dengan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Berlokasi di TK Islam AN NNUR Purwosari. Dengan subjek kepala
sekolah, guru kelas, peserta didik dan walimurid. Diperoleh melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan metode bercerita mampu mendeteksi anak yang terlambat
bicara dan mampu menstimulasi perkembangan Bahasa anak. Tahapan yang dilakukan adalah
pertama; guru membacakan cerita dan kedua; guru memberikan kesempatan anak untuk
menceritakan kembali dari kegiatan guru. Kemampuan untuk mengucapkan kosa kata dan
kejelasan artikulasi menjadi penilaian untuk mendeteksi anak. Kegiatan bercerita ini juga
mampu menambah kosa kata anak agar lancar dalam berbicara atau berkomunikasi dengan
orang disekitarnya.

Downloads

Published

2023-08-16

Issue

Section

Articles