https://journal.unusida.ac.id/index.php/reebat/issue/feedJURNAL REEBAT 2025-05-16T20:10:49+07:00Rif'atul Anitaanita419.piaud@unusida.ac.idOpen Journal Systems<p>Journal of Early Childhood Education and Learning, this journal was created for scientific media for research by lecturers, students, and other researchers relate to early chilhood education. This Journal is published periodically twice a year, In February and July. The editor receives posts that have not been published in other print media.The focus of this journal is all about education, development and upbringing of early childhood in Islam, effective institutional management and Arts and Culture.<br />E - ISSN 2987 - 4726</p>https://journal.unusida.ac.id/index.php/reebat/article/view/1087PERAN GURU DALAM MENSTIMULUS PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK AULIA BANGKALAN2023-12-18T16:01:04+07:00Maulidah Rohmatul Hasanahmaulidahrohmatulhasanah@gmail.comBenita Irma Rozalia220651100002@student.trunojoyo.ac.idSyafina Dwi Anggraini220651100009@student.trunojoyo.ac.idMuhammad Abdul Latifabdullatif.ful@gmail.com<p>Early childhood is the right time to instill religious and moral values in young children. Considering the many incidents involving cases in early childhood, both through print and electronic media, such as starting to imitate hate speech, speaking impolitely and liking to imitate adult behavior that should not be done for children. Apart from the duties of parents, teachers must also always guide children to have a good personality so that children will learn to differentiate between right and wrong behavior. The aim of this research is to understand the role of teachers in stimulating the development of religious and moral values in children at Aulia Bangkalan Kindergarten. The research method used is a qualitative descriptive method which aims to reveal events or facts, circumstances, phenomena and variables that occur during the research and data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. The results of the research show that teachers have played a role in stimulating the development of religious and moral values in children at Aulia Bangkalan Kindergarten. The form of stimulus provided by teachers is through habituation activities that have been implemented in kindergarten, such as morning gratitude activities, activities on Fridays, congregational prayers, instilling good morals, field trips to introduce God's creation, and setting a good example.</p>2024-07-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JURNAL REEBAT https://journal.unusida.ac.id/index.php/reebat/article/view/1090PENGEMBANGAN KOGNITIF MELALUI EDUPEARL BOARD: MELATIH BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN2023-12-19T09:30:33+07:00Irma nurmala malairmanurmala9000@gmail.comRR Deni Widjayatrideniwidjayatri@upi.edu<p style="font-weight: 400;">Media Edukasi Edupearl Board dapat digunakan bagi anak usia 4-5 tahun untuk berlatih berhitung sebagai metode perkembangan kognitif. Dalam media pembelajaran edupearl board menunjukkan bahwa penggunaan edupearl bord dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif dan berhitung anak melalui proses pembelajaran yang melibatkan berhitung, pengenalan angka, dan mengkomunikasikan hasil. Selain itu, media pembelajaran edupearl board ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pembelajaran dan tumbuh kembang anak. serta Penggunaan Media Edupearl Board sebagai metode pembelajaran dapat membawa manfaat signifikan dalam melatih berhitung dan mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun. Oleh karena itu, penggunaan Media Edupearl Board secara konsisten dan tepat sasaran dapat menjadi metode yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berhitung dan kognitif anak usia 4-5 tahun.</p>2024-07-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JURNAL REEBAT https://journal.unusida.ac.id/index.php/reebat/article/view/1271A Permainan Menyusun Urutan Kegiatan Untuk Mengembangkan Moral dan Agama Anak Usia Dini Di PAUD A-Ba-Ta2024-06-08T18:51:31+07:00wardah muharromahwardahmuharromah280@upi.eduTiah Hestiantitiahhestianti@upi.eduRintan Nadilahrintannadilah03@upi.eduLizza Suzantilizzasuzanti@upi.edu<p>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memainkan peran penting dalam pembentukan moral dan kepribadian anak-anak sejak mereka lahir. Salah satu masalah utama dalam pendidikan agama di PAUD A-Ba-Ta adalah terbatasnya pemahaman guru tentang penerapan metode dan strategi dalam pembentukan karakter dan moral anak-anak dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Studi ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pembelajaran agama dan moral di PAUD A-Ba-Ta serta mengembangkan solusi yang sesuai untuk efektivitas pembelajaran berbasis nilai-nilai agama dan moral.</p>2024-07-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JURNAL REEBAT https://journal.unusida.ac.id/index.php/reebat/article/view/1346EFEKTIVITAS MANAJEMEN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAUD DI RA 09 KARTINI BATU2024-07-26T01:37:39+07:00Nurca Febri Kartika22101014008@unisma.ac.idAbin Shinta Qonitatillah22101014018@unisma.ac.idEko Setiawanekosetiawan@unisma.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum pembelajaran di RA 09 Kartini Kota Batu, dan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kurikulum dikelola di RA 09 Kartini Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Salah satu prosedur penelitian ini adalah menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dilaksanakan dengan melakukan eksplorasi mendalam terhadap program, peristiwa, proses atau kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah RA 09 Kartini Kota Batu menggunakan 3 pedoman kurikulum yaitu dari Departemen Pendidikan Nasional, Kementerian Agama dan juga pedoman mandiri dari lembaga itu sendiri yang diklasifikasikan menjadi satu dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Dengan terus meningkatkan infrastruktur dan akses terhadap sumber daya, RA 09 Kartini dapat terus menjadi lembaga pendidikan yang berkontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan anak.</p> <div id="07D8C532_53C3_4D97_0CB7_82EAEB88D0DC"> </div>2024-07-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JURNAL REEBAT https://journal.unusida.ac.id/index.php/reebat/article/view/1517PROSES PENDIRIAN DAN PENGAJUAN IZIN OPRASIONAL PAUD DI TK AL-HASAN2024-12-17T10:01:19+07:00Rizki nurmaUmamaulida28@gmail.com<p>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah fase pertama dalam sistem pendidikan yang sangat vital bagi perkembangan anak. PAUD didefinisikan sebagai upaya untuk mendidik dan merangsang anak usia 0-6 tahun, yang merupakan periode penting untuk pertumbuhan dan perkembangan berbagai aspek kehidupan anak. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran detail tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk mendirikan PAUD, termasuk persyaratan administratif dan teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendirian TK Al-Hasan sebagai lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menunjukkan proses yang kompleks dan memerlukan kepatuhan terhadap regulasi pemerintah.</p>2024-07-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JURNAL REEBAT