PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK “CONFUSY”.
Keywords:
Musik, Vocal, Anak Usia DiniAbstract
Pembelajaran vocal merupakan pembelajaran yang sangat penting untuk diterapkan atau diajarkan kepada anak usia dini. Karena pada anak usia dini memiliki ketertarikan dengan nyanyian – nyayian. Selain melatih kemampuan vocal , anak juga dilatih untuk berani dan bertanggung jawab melalui pembelajaran vocal. Untuk mempermudah dan menarik dalam proses pembelajarannya peneliti membuat Teknik pembelajaran “ Confusy” singkatan dari Confortable, Fun, and Easy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pendekatan secara kualitatif di sini merujuk pada pembelajaran vocal di dalam kelas dengan menggunakan siklus pembelajaran yang di dalamnya menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keefektifan pembelajaran pembelajaran vocal dengan menggunakan Teknik confusy sudah sangat berhasil. Respon peserta didik terhadap pembelajaran vocal dengan menggunakan Teknik confusy berdasarkan hasil tes skala kecil dan skala besar dengan tingkat keberhasilan 94,5% dan juga kemajuan peserta didik dalam pembelajaran vocal sangat baik, ketertarikan peserta didik menjadi meningkat dan lebih semangat lagi dalam mengikuti pembelajaran vocal.