Optimalisasi Harga Pokok Produksi Dark Chocolate Italian sebagai Dasar Penentuan Harga Jual pada UMKM Chocotalie’s

Authors

  • Achmad Wicaksono Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Widia Eka Hariyanto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Yuvi Arinta Praciana Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/nemr.v2i2.1402

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Dark Chocolate Italian, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produksi dan menentukan harga jual es coklat varian Dark Chocolate Italian pada UMKM Chocotalie’s Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan memakai metode kualitatif. Untuk mengumpulkan informasi peneliti menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai metode pengambilan data. Narasumber yang diwawancarai ialah pemilik usaha dan karyawan yang bekerja pada usaha yang diteliti. Hasil riset menunjukkan bahwa pemilik usaha selama ini menghitung biaya produksi secara manual dan tidak memperhitungkan penyusutan dalam menghitung biaya produksi. Pemilik melakukan penambahan biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan baku, dan biaya-biaya lain yang berhubungan pada pembuatan es coklat. Perhitungan tersebut menjadi acuan pemilik dalam menentukan harga jual produk.

This study aims to analyze the calculation of production costs and determine the selling price of the Dark Chocolate Italian variant of chocolate ice at the Chocotalie's Sidoarjo UMKM. This study was conducted using a qualitative method. Researchers used documentation, observation, and interviews as data collection methods to collect information. The interviewees were business owners and employees who worked at the business being studied. The research results show that business owners have calculated production costs manually and have not taken depreciation into account in calculating production costs. The owner adds direct labor costs, raw material costs, and other costs related to making chocolate ice. These calculations are used as a reference by the owner to determine the selling price of the product.

References

Al-refiay, H. A. N., Azher Subhi Abdulhussein, Al-, S. S. K., Analysis, C., & Flow, C. (2022). The Impact of Financial Accounting in Decision Making Processes in Business Article history : Information ; International Journal Of Professional Business Review, 7(4), 1–13.

Dewi, N. S., & Wicaksono, A. (2023). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Coklat Klasik di Goo 99 Lippo Plaza Sidoarjo. Measurement Jurnal Akuntansi, 17(2), 166–172. https://doi.org/10.33373/mja.v17i2.5794

Fahriani, D., Rohmah, F. Y., & Hariyanto, W. E. (2023). Analisis Harga Pokok Produk Metode Full Costing Dan Penentuan Harga Jual Udang Vaname Metode Cost Plus Pricing. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(4), 693–702.

Fitriani, H. (2022). Pengaruh Biaya Operasional dan Harga Pokok Penjualan (HPP) Terhadap Profitabilitas PT. Golden Grand Mills. Jurnal Mirai Management, 7(3), 608–621. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2499

Hilmawan, T., Nafis, M. A. A., & Wicaksono, A. (2024). Nusantara Entrepreneurship and Management Review Mengurai Kompleksitas Harga Pokok Produksi : Pendekatan Full Costing untuk. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), 70–80.

Latif, B. (2021). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Penentuan Harga Jual Produk (Studi Usaha Kerupuk Ikan Bunda Oca Sungai Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan). Akuntansi Dewantara, 5(2). https://doi.org/10.26460/ad.v5i2.9645

Mulyadi. (2018). Akuntansi Biaya (5th ed.). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Safar, A., & Idrus, M. (2022). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi pada UMKM Trend Milk. JIAN Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1(2).

Septin, A. K., Muzakki, K., & Putrihadiningrum, D. C. (2022). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Recycle Pet Flakes dengan Metode Full Costing (Studi Kasus PT Abadi Sinar Baru Indah). GREENOMIKA, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2022.04.1.3

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2020). Akuntansi Manajemen Teori dan Aplikasi. Pustaka Baru Press.

Suzan, L., & Nabilah, S. (2020). Effect of production Costs and Sales on the Company’s Net Profit. Jurnal Akuntansi, 24(2), 169–186. https://doi.org/10.24912/ja.v24i2.689

Wicaksono, A. (2024). Zentrum Economic , Business , Management and Accounting Research. Zentrum Economic, Business, Management and Accounting Research, 2(1), 1–6.

Wicaksono, A., & Anwar, C. (2023). Analysis of Cost of Goods Sold Calculation in MSMEs Pahala Geprek & Chicken. International Journal of Global Accounting, Management, Education, and Entrepreneurship (IJGAME2), 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.48024/ijgame2.v4i1.102

Wicaksono, A., & Ditasari, P. S. (2024). Artikel Nusantara Entrepreneurship and Management Review Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Pakaian Dinas Harian Berbasis Metode Full Costing Pada UD. Isna Garment. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), 18–24.

Wicaksono, A., & Oktavia, A. N. (2023). Implementation Calculation Cost of Production Manggar Crackers at UD . Karya Usaha. Klabat Accounting Review, 4(2), 117–122.

Downloads

Published

24-09-2024

How to Cite

Wicaksono, A., Hariyanto, W. E., & Praciana, Y. A. (2024). Optimalisasi Harga Pokok Produksi Dark Chocolate Italian sebagai Dasar Penentuan Harga Jual pada UMKM Chocotalie’s. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.55732/nemr.v2i2.1402