Strategi Penentuan Harga Pokok Penjualan untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM

Authors

  • Dian Fahriani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Tantri Risda Zubaidah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Anifah Tiara Kusuma Wardani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Riezca Nur Fitriana Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Syahrul Mubarok Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Novita Dwi Adeliyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/nemr.v2i1.1195

Keywords:

Akuntansi, Daya saing, Harga pokok penjualan, Strategi penentuan harga, UMKM

Abstract

Sekar Mulya merupakan UMKM di Desa Mulyodadi Kecamatan Sidoarjo yang bergerak dibidang makanan dan minuman olahan berbahan utama belimbing wuluh. Produk unggulan yang dihasilkan UMKM ini adalah sari buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi penentuan harga pokok penjualan sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Metode yang digunakan dalam studi kasus ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan harga pokok penjualan dan dampaknya terhadap daya saing pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang menerapkan strategi harga pokok penjualan berbasis analisis biaya produksi, permintaan pasar, dan kompetisi mampu meningkatkan margin laba dengan mempertahankan harga jual yang kompetitif. Penelitian ini berperan penting dalam pengembangan strategi harga pokok penjualan yang efektif.

Sekar Mulya is an MSME in Mulyodadi Village, Sidoarjo District, which is engaged in processed food and beverages made from star fruit. The superior product produced by this MSME is fruit juice. This study aims to explore strategies for determining cost of goods sold as an effort to improve the competitiveness of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The method used in this case study identifies factors that influence the determination of cost of goods sold and its impact on market competitiveness. The results show that MSMEs that implement a cost of goods sold strategy based on analysis of production costs, market demand, and competition are able to increase profit margins by maintaining competitive selling prices. This research plays an important role in the development of effective cost of goods sold strategies.

References

Amalia, A. and Novie, M. (2023) ‘Hubungan antara Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 1(1), pp. 11–23. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v1i1.1042.

Ananda, T.A., Dewi, N.K. and Saleh, M.Z. (2023) ‘Fenomena Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital’, Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 2(4), pp. 98–107.

Anastasia, M. and Oktafia, R. (2021) ‘Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo’, Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), pp. 431–444. Available at: https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773.

Aryanto, R. et al. (2024) Creativepreneurship: Membangun Bisnis di Industri Kreatif. Makassar: Nas Media Pustaka.

Asitah, N. and Ismafitri, R. (2021) Product Based Learning. Sidoarjo: UNUSIDA Press.

Buchari, A. and Nurcahya, E. (2021) ‘Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon’, Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 2(1), p. 56. Available at: https://doi.org/10.24198/sawala.v2i1.30231.

Cholilurrohman and Lisdiyanto, A. (2023) ‘Rancang Bangun Game Edukasi Nahwu Shorof sebagai Media Persiapan Pembelajaran dalam Membaca Kitab Kuning dengan Metode Rapid Application Development (RAD)’, Nusantara Computer and Design Review, 1(1), pp. 17–23. Available at: https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1074.

Gunawan, Kurnia, S. and Hasibuan, M. (2016) ‘Analisis Perhitungan HPP Menentukan Harga Penjualan yang Terbaik untuk UKM’, Teknovasi, 03, Nomor(2355–701X), p. 16.

Haq, A.F. and Muzakki, K. (2023) ‘Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v1i1.1041.

Ikawati, A.D. (2017) ‘Penetapan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Pada Warung Sederhana 2 Jetis Kulon Surabaya’, Jurnal EMBA, 5(2), pp. 1–21.

Iriyadi, I. et al. (2024) ‘The Analysis of Chasing Returns Strategy in Equity Funds’, Corporate and Business Strategy Review, 5(1), pp. 66–76. Available at: https://doi.org/10.22495/cbsrv5i1art7.

Meiryani, M. et al. (2022) ‘The Use of Big Data and Cloud Computing On Accounting’, in Proceedings of the 2022 4th International Conference on E-Business and E-Commerce Engineering. New York, NY, USA: ACM, pp. 100–106. Available at: https://doi.org/10.1145/3589860.3589873.

Novie, M. et al. (2021) ‘East Java OPOP: Increasing the Growth of SMEs in Islamic Boarding Schools during the COVID-19 Pandemic’, in 6th North American International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. Monterrey, Mexico: IEOM Society International.

Nugroho, L. and Arafah, W. (2020) Eksistensi dan Tantangan Usaha Mikro , Kecil dan Menengah (Umkm) pada Era Globalisasi.

Nurkarsa, A.H.A. (2020) ‘Strategi Pemasaran pada Amik Bumi Nusantara Cirebon’, Jurnal Sosial Teknik, 21(1), pp. 1–9. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.59261/jequi.v2i1.16.

Perdana, M.A.C. et al. (2023) ‘Analisis Pengaruh Pembiayaan, Skala Usaha, dan Ketersediaan Sumber Daya Manusia terhadap Profitabilitas UMKM’, Sanskara Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(03), pp. 135–148. Available at: https://doi.org/10.58812/sek.v1i03.120.

Purnomo, A. et al. (2021) ‘Green Accounting Study: Twenty-Seven Years Lesson of Scientometric Mapping’, in 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. Singapore: IEOM Society International.

Rohman, A.A., Nugroho, R.A. and Mufliq, A. (2023) ‘Sistem Informasi Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Menggunakan Metode Agile’, Nusantara Computer and Design Review, 1(1), pp. 9–16. Available at: https://doi.org/10.55732/ncdr.v1i1.1072.

Septin, A.K., Muzakki, K. and Putrihadiningrum, D.C. (2022) ‘Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Recycle Pet Flakes dengan Metode Full Costing (Studi Kasus PT Abadi Sinar Baru Indah)’, GREENOMIKA, 4(1), pp. 23–30. Available at: https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2022.04.1.3.

Wibowo, D.H., Arifin, Z. and Sunarti (2023) ‘Analisis strategi UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), pp. 59–66.

Yadiati, W. et al. (2024) ‘Evaluation of The Implementation of An Accounting Information System for Sales, Cash Receiving, and Payroll on an Internal Control System’, Corporate Law and Governance Review, 6(1), pp. 27–37. Available at: https://doi.org/10.22495/clgrv6i1p3.

Downloads

Published

25-03-2024

How to Cite

Fahriani, D. ., Zubaidah, T. R., Wardani, A. T. K. ., Fitriana, R. N. ., Mubarok, M. S. ., & Adeliyah, N. D. . (2024). Strategi Penentuan Harga Pokok Penjualan untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.55732/nemr.v2i1.1195