Pengaruh Variasi Model Vortex Generator Jenis Sharkfin untuk Meningkatkan Gaya Aerodinamik Mitsubishi Xpander dengan Menggunakan CFD

Authors

  • Syamsuri Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya image/svg+xml
  • Ilham Bagus Dwi Cahyo

DOI:

https://doi.org/10.55732/p2ke1117

Keywords:

Aerodinamika, Vortex Generator, Sirip Hiu, Variasi Ratio Dimensi

Abstract

Mobil merupakan salah satu alat bantu transportasi yang digunakan manusia untuk melakukan aktifitas perjalanan dengan jarak yang ditentukan. Berkembangnya teknologi otomotif membuat mobil mengalami perubahan dari segi desain bodi. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan desain bodi mobil yang aerodinamika sehingga dapat meningkatkan akselerasi dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Modifikasi yang dilakukan untuk meningkatkan akselerasi yaitu penambahan vortex generator tipe sharkfin pada bagian atas bodi mobil berguna untuk menurunkan nilai hambatan. Dalam simulasi studi ini menggunakan model mobil mitsubishi Xpander dengan variasi dimensi ratio vortex generator (1:3, 1:2, 1:1, dan dimensi yang dijual dipasaran 6 cm:12 cm) serta variasi kecepatan (40 km/h, 60 km/h, 100 km/h)yang disimulasikan pada setiap variasi ratio vortex generator.Simulasi menggunakan aplikasi Computational Fluid Dynamics (CFD). Hasil simulasi menunjukkan bahwa harga Cd dan Cl terkecil di dapatkan dari variasi rasio dimensi vortex generator jenis sharfin 1:3 dengan kecepatan 100 km/h, didapatkan harga Cd (0,636) dan harga Cl (-5,492).  

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Pengaruh Variasi Model Vortex Generator Jenis Sharkfin untuk Meningkatkan Gaya Aerodinamik Mitsubishi Xpander dengan Menggunakan CFD. (2025). Journal of Research and Technology, 11(1), 117-125. https://doi.org/10.55732/p2ke1117

Most read articles by the same author(s)