ANALISIS SWOT DAN AHP UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN DALAM PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS: UD. DUTA SUMBER AYEM NIAGA)

ANALISIS SWOT DAN AHP UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN DALAM PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS: UD. DUTA SUMBER AYEM NIAGA)

Authors

  • Suhartini Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Ahmad Habib Abdillah Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55732/jrt.v9i2.1073

Keywords:

AHP, Strategy, SWOT, UKM

Abstract

  1. Duta Sumber Ayem Niaga adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi beras. Banyaknya pesaing baru menyebabkan turunnya tingkat penjualan 20% UD. Duta Sumber Ayem Niaga dari tahun sebelumnya, untuk mengembangkan strateginya perlu menggunakan metode SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan dan AHP untuk menilai bobot pendukung keputusan strategi. Dengan harapan setelah menggunakan metode SWOT dan AHP UD. Duta Sumber Ayem Niaga dapat mengembangkan strateginya guna bersaing dengan kompetitornya. Setelah dilakukan identifikasi menggunakan metode SWOT posisi perusahaan berada pada titik koordinat kuadran I yang artinya penyusunan strategi alternatif mengarah pada penerapan strategi pertumbuhan dan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dengan memanfaatkan peluang yang ada serta kekuatan internal yang dimiliki oleh perusahaan sehingga memberikan value bagi usahanya. Berdasarkan hasil pembobotan AHP (Analytical Hierarchy Process), dapat disimpulkan bahwa alternatif strategi SO 1 (Mempertahankan harga, meningkatkan kualitas dan inovasi varian produk tanpa bahan pengawet untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan) memiliki nilai bobot paling tinggi yang artinya strategi ini perlu diprioritaskan terlebih dahulu untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu mengembangkan strategi usaha untuk bersaing dengan kompetitornya.

Author Biography

Suhartini, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Teknik Industri, FTI

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Suhartini, & Abdillah, A. H. . (2023). ANALISIS SWOT DAN AHP UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN DALAM PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS: UD. DUTA SUMBER AYEM NIAGA): ANALISIS SWOT DAN AHP UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN DALAM PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS: UD. DUTA SUMBER AYEM NIAGA). Journal of Research and Technology, 9(2), 211–220. https://doi.org/10.55732/jrt.v9i2.1073

Most read articles by the same author(s)