EFEKTIVITAS METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MINU DURUNGBEDUG
DOI:
https://doi.org/10.55732/1s292v68Keywords:
Metode TGT, Minat Belajar, Matematika.Abstract
Observasi awal di MINU Durungbedug menunjukkan rendahnya minat dan semangat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran matematika, yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V MINU Durungbedug. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data utama, dengan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TGT secara signifikan membangkitkan minat belajar dan meningkatkan pemahaman siswa kelas V MINU Durungbedug terhadap materi Matematika. Metode ini terbukti mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, menarik, dan kolaboratif.
References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Ginting, F. A., & Siregar, N. (2024). Pengaruh Model TGT terhadap Motivasi Belajar Matematika. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 517-531. https://jurnal.unimed.ac.id/2021/index.php/eduinovasi/article/view/4532 (Diakses: 25 Juni 2025)
Hidayat, A., & Widjajanti, D. B. (2018). Minat belajar siswa dan faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(2), 112-121. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-dan- pembelajaran/article/view/25234
(Diakses: 25 Juni 2025)
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Novriyanti, T., Ritonga, F. U., Siregar, H., & Sipahutar, K. (2023). Penerapan Metode Team Games Tournament Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 5. Jurnal Abdishum, 2(4), 386-391. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/abdisoshum/article/view/14312
(Diakses: 25 Juni 2025)
Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-12. https://ejournal.upi.edu/index.php/psd/article/view/13457
(Diakses: 25 Juni 2025)
Oktavia, A. F., Kamal, M., & Syafrizal, S. (2024). Implementasi Model TGT dalam Melatih Berpikir Kritis. Adiba: Journal of Education, 4(1), 44-56. https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/adiba/article/view/5147
(Diakses: 25 Juni 2025)
Pitriani, N. (2022). Penerapan model Team Games Tournament dalam pembelajaran tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(1), 44-53. https://ejournal.upi.edu/index.php/jipi/article/view/44789
(Diakses: 25 Juni 2025)
Priyanto, D. (2021). Strategi dan Metode Pembelajaran: Inovatif dan Interaktif.
Jakarta: Pustaka Media.
Rahmayanti, F., Aini, N., & Khaeruddin, K. (2023). Penerapan TGT Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 69-75. https://journal.unram.ac.id/index.php/edupedia/article/view/11723
(Diakses: 25 Juni 2025)
Riadi, Z., Faisal, M., & Darmi, D. (2024). Penerapan TGT Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Global Journal Teaching Professional, 3(1), 79-
85. https://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/global/article/view/4019
(Diakses: 25 Juni 2025)
Saputra, R. Y., & Harjono, N. (2024). Model Kooperatif Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 88-97.
https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/4396 (Diakses: 25 Juni 2025)
Slavin, R. E. (2019). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no- 20-tahun-2003
(Diakses: 25 Juni 2025)
Zailani, Z., & Tawarni, T. (2023). Pengaruh Metode TGT dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 38-48. https://journal.unimed.ac.id/index.php/educate/article/view/23343
(Diakses: 25 Juni 2025)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis




