PENILAIAN DALAM KURIKULUM MERDEKA: MENDUKUNG PEMBELAJARAN ADAPTIF DAN BERPUSAT PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Rofiqoh Nirwana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Aisyah Indy Hidayati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Firdausy Assayyidah Ifcha Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Sayyidah Fatimah Azzahra Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Adinda Sayyidah Rofiqotul Jannah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Penilaian, Adaptif, Berpusat pada siswa,

Abstract

Artikel ini membahas peran penting penilaian dalam Konteks Kurikulum Merdeka di Indonesia. Dengan menyoroti penilaian formatif, sumatif, dan autentik, artikel ini menguraikan bagaimana penilaian mendukung pembelajaran yang adaptif, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mendalami penerapan penilaian dalam Kurikulum Mandiri. Penilaian formatif dijelaskan sebagai alat untuk memberikan umpan balik berkelanjutan kepada siswa dan guru, sementara penilaian sumatif bertujuan mengevaluasi pencapaian siswa secara menyeluruh. Penilaian autentik dinilai sebagai cara untuk menilai kemampuan siswa dalam konteks dunia nyata. Artikel ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi penilaian pada Kurikulum Mandiri, seperti kurangnya pemahaman guru dan keterbatasan sumber daya, serta memberikan solusi untuk mengatasinya, seperti pelatihan intensif untuk guru dan pengembangan sumber daya penilaian yang mudah diakses. Diharapkan artikel ini memberikan pemahaman menyeluruh tentang pentingnya penilaian dalam Kurikulum Merdeka dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai tambahan, artikel ini juga membahas peran teknologi dalam memfasilitasi penilaian yang lebih baik dan menyampaikan kesimpulan yang menggarisbawahi kontribusi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia

References

Andrian, D., Noviarni, N., Suhandri, S., Muhandaz, R., Hasibuan, I. M., Agusnimar, A., ... & Rizqa, M. (2024). Implementasi Formatif Dan Sumatif Assessmen Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 479-485

Andrian, D., Wahyuni, A., & Ramadhan, S. (2022). Mathematics Teachers’ Performance in the Industrial Revolution Era 4.0: A Structural Equation Model. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(4), 554–563. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.236

Angkat, S. A., Wardhani, S., & Syahrial, S. (2024). Konsep Penilaian Autentik dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 13-13.

Baird, J. A., Andrich, D., Hopfenbeck, T. N., & Stobart, G. (2017). Assessment and learning: fields apart? Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 24(3), 317–350. https://doi.org/10.1080/0969594X.2017.1319337

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal Of Educational And Language Research, 1(12), 2105-2118.

Hadi, S., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(82), 45–62. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.82.3

Hadi, S., Maisaroh, S., Hidayat, A., & Andrian, D. (2022). An Instrument Development to Evaluate Teachers’ Involvement in Planning the Schools’ Budgeting at Elementary Schools of Yogyakarta Province. International Journal of Instruction, 15(2), 1087– 1100. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15260a

Ilmawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820-828.

Maysaroh, L., Sukiatni, D. S., & Kusumandari, R. (2023). Kecenderungan Berperilaku Agresi Dilihat Dari Kepercayaan Diri Dan Regulasi Emosi. Inner: Journal Of Psychological Research, 2(4), 633–645. Https://Aksiologi.Org/Index.Php/Inner/Article/View/784

Salsabila, E., Rahayu, W., & Deniyanti Sampoerno, P. (2020). Performance Assessment to Measure Student’s Mathematical Proving Ability Based on the Abductive-Deductive Approach. KnE Social Sciences, 2020, 343–354. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7892

Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47–67. Https://Doi.Org/10.31932/Jpdp.V7i1.1144

Stiggins, R. J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Nirwana, R., Aisyah Indy Hidayati, Firdausy Assayyidah Ifcha, Sayyidah Fatimah Azzahra, & Adinda Sayyidah Rofiqotul Jannah. (2024). PENILAIAN DALAM KURIKULUM MERDEKA: MENDUKUNG PEMBELAJARAN ADAPTIF DAN BERPUSAT PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 213–224. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1320