Peran Elemen Visual Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kemasan Produk
DOI:
https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.903Kata Kunci:
Elemen visual, Strategi komunikasi, Komunikasi pemasaran, Desain kemasanAbstrak
Persaingan pasar yang semakin ketat menuntut produsen sebagai komunikator untuk melakukan berbagai strategi komunikasi agar produknya selalu diingat dan menjadi pilihan konsumen sebagai komunikan. Tidak hanya menampilkan keunggulan produk akan tetapi perlu adanya identitas visual yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana produsen melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui desain kemasan. Fungsi kemasan kini bukan lagi sebagai wadah dan pelindung, tetapi juga berfungsi sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen. Sehingga, kemasan membutuhkan sentuhan desain yang menarik pada elemen visualnya, yaitu melalui merek, logo, warna, ilustrasi, tipografi, tata letak, dan bentuk kemasan. Daya tarik pada desain kemasan identik dengan persepsi, suatu proses penerimaan rangsangan inderawi dan penafsirannya, karena mata dan otak membutuhkan kesederhanaan dan keseimbangan dalam segala hal yang dilihat. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif yang berfokus pada strategi komunikasi pemasaran dan desain kemasan. Data diperoleh langsung dari observasi dengan teknik pengambilan sampel melalui purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa elemen-elemen visual pada desain kemasan menjadi alat komunikasi dan informasi produk yang efektif dan mampu berinteraksi dengan konsumen hingga tercipta brand experience yang dapat menarik konsumen menjadi pelanggan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.