Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Candi BumiAyu Sebagai Media Promosi
DOI:
https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.599Kata Kunci:
Candi Bumiayu, UI/UX, Design ThinkingAbstrak
Semakin berkembangnya teknologi, sebuah tempat wisata saat ini tidak hanya bisa dikunjungi secara langsung namun juga secara virtual. Selain itu, teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi produk yang efektif dan kreatif. Teknologi yang paling terlihat adalah gadget. Sebuah gadget pastinya membutuhkan sebuah aplikasi atau software di dalamnya. Berdasarkan hasil pengamatan, masyarakat masih belum mengetahui dan mengerti tempat wisata Candi Bumiayu yang terletak di Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan. Dengan demikian, perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan merancang desain UI/UX Aplikasi Candi Bumiayu sebagai media yang bisa diterapkan pada Candi Bumiayu. Penelitian ini menggunakan sebuah pendekatan desain yang berpusat pada manusia atau human centris untuk menyelesaikan masalah dan menghadirkan inovasi baru, yaitu Design Thinking. Design thinking dilakukan melalui 5 tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Adapun penelitian ini akan mengembangkan atau merancang promosi Cagar Budaya Candi Bumiayu berbasis aplikasi smartphone. Melalui pengembangan sistem promosi Cagar Budaya Candi Bumiayu berbasis aplikasi smartphone ini, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang ingin tahu tentang Candi Bumiayu.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.