Rancang Bangun Rancang Bangun Penyedia Layanan Informasi Pelayanan Masyarakat Kantor Kecamatan Pandaan Menggunakan Chatbot

Penulis

  • Dinar Nur Safitri Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Imron Rosadi Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v6i2.427

Kata Kunci:

Whatsapp chatbot, Pelayanan Publik, Dialogflow, Waterfall, Kantor Kecamatan Pandaan

Abstrak

Penelitian ini merancang dan membangun WhatsApp chatbot sebagai penyedia layanan informasi pelayanan masyarakat di Kantor Kecamatan Pandaan dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelayanan masyakarat. Tools yang digunakan adalah dialogflow yang menerapkan metode NLP dan dibangun menggunakan metode waterfall. Chatbot menampung informasi antara lain alamat, kontak, website, jam operasional, pelayanan masyarakat yang meliputi berkas persyaratan, biaya, alur dan form pengajuan kependudukan. Adapun kontribusi pada penelitian sebelumnnya adalah implementasi dialogflow ke WhatsApp serta kelengkapan informasi yang tertampung pada chatbot. Dari pengujian yang dilakukan menggunakan black box testing, bahwa chatbot dapat merespon sesuai pengetahuan namun terjadi delay dalam pengiriman respon yang disebabkan oleh API server. Sedangkan untuk pengujian uji kuesioner sebesar 87% dari staf Kantor dan 81% dari masyarakat Kecamatan Pandaan. Hal tersebut menunjukkan responden sangat setuju bahwa chatbot ini mampu menjadi penyedia layanan informasi pelayanan masyarakat yang efektif dan efisien..

Biografi Penulis

Dinar Nur Safitri, Universitas Yudharta Pasuruan

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Muhammad Imron Rosadi, Universitas Yudharta Pasuruan

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-16