Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Tentang Makna Logo Pariwisata Kabupaten Sukabumi
Kata Kunci:
Charles Sanders Peirce, GURILAPSS, logo, Semiotik.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji simbol-simbol yang terdapat pada logo pariwisata Kabupaten Sukabumi GURILAPSS yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, mengetahui makna dari simbol-simbol logo pariwisata Kabupaten Sukabumi GURILAPSS, dan mengetahui kaitan makna yang terkandung dalam logo pariwisata Kabupaten Sukabumi GURILAPSS. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Fokus kajian antara lain simbol-simbol yang terdapat pada logo Pariwisata berdasarkan teori triangle meaning semiotic dengan tiga kategori universal seperti Firstness, Secondness, and Thirdness. Hasil dari penelitian ini menunjukan logo pariwisata Kabupaten Sukabumi GURILAPSS mempunyai tiga simbol yaitu logogram penyu, Logotype GURILAPSS, dan Logotype tagline pesona sukabumi. Simbol logogram penyu mempunyai makna penyu sebagai hewan yang dilestarikan di Kabupaten Sukabumi. Penyu juga merupakan fauna yang bertahan hidup di kawasan kabupaten sukabumi. Logotype GURILAPSS merupakan singkatan dari beberapa kata yaitu Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, dan Seni Budaya, dan Logotype tagline 'Pesona Sukabumi' adalah tagline pariwisata Kabupaten Sukabumi, dapat disimpulkan bahwa Simbol logogram penyu mempunyai makna sebagai icon kawasan Kabupaten Sukabumi, Logotype GURILAPSS dan Logotype tagline sebagai budaya wisata Kabupaten Sukabumi.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.