Klasifikasi dan Analisa Sentimen Kuesioner Fasilitas dan Layanan untuk Universitas Qomaruddin Gresik
Kata Kunci:
Klasifikasi, Analisa Sentimen, Algoritma Rocchio, Algoritma Naïve BayesAbstrak
Universitas Qomaruddin merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang selalu memprioritaskan atau mengutamakan kepuasan mahasiswanya sebagai pelanggan atau customer dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas. Dalam meningkatkan fasilitas dan layanan tiap semester dilakukan kuesioner untuk memperoleh umpan balik terkait pelayanan akademik, proses pembelajaran maupun sarana dan prasarana kampus. Bentuk kuesioner berupa pertanyaan dengan jawaban optional dan uraian. Pada data uraian memerlukan penanganan lebih lanjut, mengingat data uraian ini sangat memungkinkan mengungkap hal-hal yang belum terungkap melalui butir pertanyaan dengan jawaban optional yang jumlahnya terbatas. Tujuan Penelitian ini adalah melakukan klasifikasi terhadap data kuesioner mahasiswa dengan algoritma rocchio dan analisa sentimen dengan algoritma Naïve Bayes. Algoritma rocchio digunakan untuk klasifikasi pada ketegori fasilitas dan layanan yaitu Sarana prasarana (sarpras), Biro Administrasi Akademik (BAA), Biro Administrasi Keuangan (BAK), Biro Sistem Informasi (BSI), Lain-lain. Sedangkan Algoritma Naïve bayes digunakan untuk analisa sentimen, yaitu positif, netral dan negative. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan dengan 10 kali uji coba diperoleh, nilai akurasi untuk klasifikasi ketegori fasilitas dan layanan memiliki nilai rata-rata 83.27 sedangkan untuk klasifikasi sentimen memiliki nilai rata-rata 80.67 sehingga dapat dikatakan performa sistem cukup stabil.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.