Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Geografi Struktur Lapisan Bumi

Penulis

  • Hermanto Universitas Qomaruddin
  • Wafiyatul Bariroh Universitas Qomaruddin Gresik
  • Muhammad Ajir Muzakki Universitas Qomaruddin
  • Ade Hendi Universitas Qomaruddin

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i2.1458

Kata Kunci:

Augmented reality, Waterfall, Black box testing, Geografi

Abstrak

Augmented reality (AR) merupakan salah satu teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan benda maya ke dalam dunia nyata dan menggabungkan keduanya sehingga menciptakan ruang gabungan kemudian diproyeksikan secara real time. Penerapan teknologi augmented reality dalam bidang pendidikan memberikan sebuah inovasi dalam membuat suatu media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Geografi struktur lapisan bumi kelas x di MA Mamba’ul Ulum Bedanten yang selama ini masih dilakukan dengan media pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknologi AR  sebagai metode mengajar  menarik dan interaktif serta dapat meningkatkan keinginan siswa untuk mempelajari materi Geografi struktur lapisan bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SDLC (Sistem development life cycle) dengan model waterfall. Metode pengujian yang digunakan adalah metode black box dengan aspek funcional suitability dan probability. Pembuatan aplikasi ini menggunakan dua software yaitu blender dan unity. Hasil dari penelitian berupa aplikasi media pembelajaran Geografi struktur lapisan bumi dengan menerapkan teknologi augmented reality. Terdapat dua tahap pengujian, yakni (1) pengujian sistem meliputi button menu ar Play, button materi, button informasi, dan button exit; dan (2) pengujian terhadap pengguna sebanyak 23 siswa kelas x MA Mamba’ul Ulum Bedanten. Hasil dari pengujian sistem aplikasi AR struktur lapisan bumi dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan perencanaan dan pengujian terhadap pengguna menunjukkan 18% sangat setuju, 78% Setuju, dan 4% sangat tidak setuju adanya media pembelajaran dengan menerapkan teknologi AR dapat meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam belajar materi struktur lapisan bumi.

Biografi Penulis

Hermanto, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Wafiyatul Bariroh , Universitas Qomaruddin Gresik

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Muhammad Ajir Muzakki, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Ade Hendi, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

7

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-23