Perancangan Logo Komunitas “Tanda Mata Kreatif” sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Penulis

  • Debio Pararta Wiguna Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Aris Kurnia Wicaksono Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Eka Wahyu Primadani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Rahmania Almira Universitas 'Aisyiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i`1.1280

Kata Kunci:

Perancangan Logo, Brand Awareness, Tanda Mata Kreatif

Abstrak

Dalam suatu komunitas, terdapat hal yang penting dan memiliki fungsi sebagai pembanding dari satu komunitas dengan lainnya yaitu dengan adanya logo. Berdirinya komunitas Tanda Mata Kreatif berawal dari keinginan Ari Nanda Suria selaku Ketua Tanda Mata Kreatif untuk mengembangkan potensi dan minat dalam pembuatan film serta memperkaya kebudayaan melalui media audio visual, sehingga Tanda Mata Kreatif menjadi wadah bagi mahasiswa ataupun pelajar yang mempunyai minat dalam dunia perfilman. Namun saat ini komunitas Tanda Mata Kreatif belum mempunyai identitas logo yang tetap sehingga komunitas ini sulit untuk dikenal bagi mahasiswa atau pelajar untuk bergabung. Oleh sebab itu diperlukannya studi literatur untuk merancang logo yang tepat untuk komunitas Tanda Mata Kreatif serta menerapkan metode kualitatif sebagai tujuan dalam menganalisa branding pada komunitas Tanda Mata Kreatif. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana proses perancangan logo untuk komunitas Tanda Mata Kreatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan wawancara dan observasi. Analisis dilakukan dalam tiga tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian berupa logo, identitas visual, dan media pendukung komunitas Tanda Mata Kreatif.

Biografi Penulis

Debio Pararta Wiguna, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Aris Kurnia Wicaksono, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Eka Wahyu Primadani, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Rahmania Almira, Universitas 'Aisyiyah Bandung

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sains dan Teknologi


1

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-23