PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SHOP TERHADAP PERILAKU REMAJA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ICHSAN BONTANG KALIMANTAN
Keywords:
TikTok Shop, Belanja Online, MubazirAbstract
Di pondok pesantren Nurul Ichsan setiap hari ada saja kurir mengantarkan paket santri. Ada yang menggunakan metode pembayaran COD atau bayar di tempat, ada yang sudah bayar langsung melalui transfer, dan juga ada yang dicicil pembayarannya. Barang-barang yang dibelanjakan oleh santri-santri pun beragam. Mulai dari perlengkapan belajar seperti mushaf Alquran, pakaian seperti gamis jubah dan baju-baju kekinian, kosmetik dan alat-alat kecantikan seperti skincare, sampai beli permainan viral lato-lato pun melalui TikTok shop. bahkan kurir sudah hafal sekali dengan santri-santri yang sering belanja online karena setiap hari ada saja kiriman barang ke pondok pesantren, baik santri Putra dan santri putri. Maka dari banyaknya santri-santri yang belanja secara online dan seringnya kurir datang mengantarkan paket barang ke pondok pesantren maka saya menulis penelitian ini agar menjadi pelajaran dan pendidikan untuk santri, agar tidak menjadi konsumtif atau boros dalam membelanjakan barang yang tidak diperlukan. Dengan penelitian ini,merupakan himbauan kepada santri agar apa yang dibelanjakan sesuai dengan yang dibutuhkan, bukan hanya keinginan, mengikuti trend yang sementara sedang viral saat ini, sehingga uangnya tidak habis percuma. Tidak mubazir, karena mubazir itu adalah temannya setan. Santri diharapkan bisa meredam hawa nafsunya agar tidak terpengaruh oleh godaan-godaan belanja online.
References
Dewa, Chriswardana Bayu, Lina Ayu Safitri, Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner di Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19, (Studi Kasus Akun Javafoodie), Jurnal Khasanah Ilmu: Vol.12 No.1, 2021.
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Ananlisis Data, cet.2, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Fauziah, L, Hubungan Antara Intensitas Melihat TikTok Dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 2022.
https://www.kompasiana.com/fenyaprilia3947/5b4ee4306ddcae02aa20ad58/dampak-negatif-dan-positif-dari-fenomena-tik-tok-saat-ini-bagi-remaja, diakses pada tanggal 6 Februari 2023.
Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Maulana, I., & Salsabila, O., Pengaruh social media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital, Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 2020.
Mustomi, D., & Puspasari, A., Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa, CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 2020.
Rahmayani, Mela, dan Muhammad Ramdhani, Fardiah Oktariani Lubis, Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa, Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol.6 No.7, 2021.
Sari, Chacha Andira, Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga, Jurnal AntroUnairdotNet, Vol.IV/No.2/Juli 2015.
Sumartono, Terperangkap dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi, Bandung: Alfabeta. 2002.
Suminar, E., & Meiyuntari, T. Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02), 2015.