IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PROGRAM ANTI-BULLYING DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Muh Ibnu Sholeh STAI KH MUHAMMAD ALI SHODIQ TULUNGAGUNG

Keywords:

Implementasi, Nilai Keislaman, anti-bullying, lembaga pendidikan islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program anti-bullying sesuai dengan konsep keislaman dan faktor apa saja yang mendukung keberhasilan program anti-bullying di lembaga pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Sumber data diperoleh dari buku, jurnal, artikel, laporan, dokumen, dan sumber informasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian baik secara offline maupun online. Data yang diperoleh dari studi pustaka dianalisis dengan kualitatif model interaktif. Model analisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program anti-bullying sesuai dengan konsep keislaman seperti kasih sayang dan empati, toleransi dan penghormatan terhadap perbedaan, keadilan dan perlakuan adil, penolakan terhadap kekerasan, pendidikan nilai-nilai moral, tanggung jawab sosial dan pembentukan karakter yang mulia. Faktor penting yang mendukung keberhasilan program anti-bullying meliputi dukungan penuh dari manajemen sekolah, partisipasi aktif siswa, pendidikan dan pelatihan guru, keterlibatan orang tua, penggunaan metode pendidikan yang kreatif, pengawasan dan evaluasi berkala, kerjasama dengan komunitas, pemantauan online yang aman dan komunikasi terbuka.

References

Abdullah, gamar, dan asni ilham. “pencegahan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar melalui pelibatan orang tua.” Dikmas: jurnal pendidikan masyarakat dan pengabdian 03, no. 1 (2023): 175-182.

Adrian, adrian, dan muhammad irfan syaifuddin. “peran orang tua sebagai pendidik anak dalam keluarga.” Edugama: jurnal kependidikan dan sosial keagamaan 3, no. 2 (31 desember 2017): 147–67. Https://doi.org/10.32923/edugama.v3i2.727.

Adriyanti, farsya salsabila, dan galih dwi herlianto. “pandangan mahasiswa terhadap bullying di sekolah dan kaitannya dalam perspektif islam.” Religion: jurnal agama, sosial, dan budaya 1, no. 1 (2023): 34-54.

Agustin ningrum, mallevi, dan andhea mahendra r. K. Wardhani. “pengembangan buku panduan anti-bullying untuk mengembangkan keterampilan sosial-emosional anak usia dini.” Golden age: jurnal ilmiah tumbuh kembang anak usia dini 6, no. 3 (30 september 2021): 131–42. Https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-03.

Astiti, putri, jenny ratna suminar, dan agus rahmat. “konstruksi identitas guru bimbingan konseling sebagai komunikator pendidikan.” Jurnal kajian komunikasi 6, no. 1 (29 juni 2018): 1. Https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.7738.

Dewi, putu yulia angga. “perilaku school bullying pada siswa sekolah dasar.” Edukasi: jurnal pendidikan dasar 1, no. 1 (3 juni 2020): 39. Https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526.

Distina, primalita putri. “program anti-bullying sebagai pencegahan dan penanganan perilaku bullying di pesantren.” Awshiyah: jurnal sosial keagaman dan pendidikan islam 14, no. 2 (2019).

Fahruddin, ahmad hanif. “paradigma pendidikan agama islam berwawasan multikultural dalam menumbuhkan sikap toleransi di smp negeri 4 lamongan.” Kuttab 3, no. 1 (17 maret 2019). Https://doi.org/10.30736/ktb.v3i1.238.

Fajriyah, kamilatul, alvi kamila firdauziyah, ruwaidatul afifah, widya setiawati, dan haris suhada’. “agama dan bullying perspektif psikologi agama.” Jurnal kajian pendidikan islam dan studi islam 4, no. 2 (2021).

Fitri, nur lailatul. “muhammad natsir dan integrasi islam.” Al-thiqah: jurnal ilmu keislaman 5, no. 1 (2022): 74-83.

Gultom, andri fransiskus, dan ludovikus bomans wadu. “strategi anti perundungan di media sosial dalam paradigma kewarganegaraan.” De cive: jurnal penelitian pendidikan pancasila dan kewarganegaraan 3, no. 7 (2023).

Hamdi, rafii, muhammad yuliansyah, dan husnul madihah. “implementasi manajemen sekolah ramah anak (studi kasus : sd negeri 8 kampung baru dan sdit ar-rasyid kabupaten tanah bumbu).” Jurnal manajemen pendidikan al hadi 3, no. 2 (13 juni 2023): 66. Https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11539.

Handayani, yetty, maryanto, dan noor miyono. “implementasi sekolah ramah anak program anti bullying di sma negeri 1 kendal.” Didaktik : jurnal ilmiah pgsd stkip subang 9, no. 2 (3 juli 2023): 4151–65. Https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1087.

Haris, muhammad. “pendidikan islam dalam perspektif prof. H.m arifin.” Ummul qura 6, no. 2 (2015): 1-19.

Haris, munawir. “agama dan keberagamaan; sebuah klarifikasi untuk empati.” Tasamuh: jurnal studi islam 9, no. 2 (2017): 523-544.

Hasan, aliah bagus purwakania, masni eka firmiana, emmalia sutiasmita, dan siti rahmawati. “efektivitas pelatihan anti-bullying terhadap pengetahuan penanganan kasus bullying di sekolah pada guru-guru tk jakarta.” Jurnal al-azhar indonesia seri humaniora 2, no. 2 (1 september 2013): 81. Https://doi.org/10.36722/sh.v2i2.119.

Hidayati, siti rahmi, dan rini handayani siregar. “perlindungan hukum terhadap korban bullying dalam perspektif viktimologi.” Aufklarung: jurnal pendidikan, sosial dan humaniora 2, no. 4 (2022).

Irdianti, putu ria, luh putu putrini mahadewi, dan i wayan widiana. “hubungan minat belajar dan perilaku empati terhadap hasil belajar pkn.” Jurnal pedagogi dan pembelajaran 3, no. 3 (2020): 459–72.

Ja, suhermanto. “pengaruh penguatan karakter islam terhadap sikap tentang bullying.” Al-tazkiah: jurnal bimbingan dan konseling islam 10, no. 1 (2021).

Jamrah, suryan a. “ikhtilaf dan etika perbedaan dalam islam.” Toleransi: media ilmiah komunikasi umat beragama 6, no. 2 (2014): 223–40.

“kasus bullying dalam kalangan pelajar (suatu tinjauan kriminologi).” Jurnal ilmiah hukum dirgantara 5, no. 2 (3 juni 2014). Https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109.

Khiyarusoleh, ujang, dan nur indriawati. “strategi guru dalam meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap korban bullying siswa.” Empati-jurnal bimbingan dan konseling 5, no. 1 (2018).

Maslahah, wafiyatu, dan rr. Hesti setyodyah lestari. “program penguatan psikologis santri dalam kehidupan sosial di pesantren melalui sosialisasi santri milenial anti bullying.” E-amal: jurnal pengabdian kepada masyarakat 2, no. 2 (25 mei 2022): 1459–72. Https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1713.

Miles m. B. A., huberman m., saldaña j. “qualitative data analysis: a methods sourcebook.,” third edition. California: sage publications, inc., 2014.

Mirnayenti et.all. “efektivitas layanan informasi menggunakan media animasi meningkatkan sikap anti bullying peserta didik.” Konselor, 4, no. 2 (2015): 84–91.

Mustafa, mutakhirani. “sosialisasi pentingnya internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui semua mata pelajaran dalam upaya membangun karakter sosial siswa smp negeri 1 talun.” E-dimas: jurnal pengabdian kepada masyarakat 14, no. 1 (14 maret 2023): 128–35. Https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.10998.

Nasir, amin. “konseling behavioral: solusi alternatif mengatasi bullying anak di sekolah.” Konseling edukasi “journal of guidance and counseling” 2, no. 1 (13 desember 2018). Https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466.

Nasrah, sayni, atta illah, dan bengi sara simehate. “desain model budaya sekolah berbasis nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam mewujudkan profil pelajar pancasila.” Jurnal pendidikan dan konseling (jpdk), 4, no. 5 (2022): 2314-2320.

Nirmalasari, nirmalasari, hasmiati hasmiati, dan nurjannah nurjannah. “fenomena bullying pada teman sebaya di sdn no 123 tanassang.” Adi widya: jurnal pendidikan dasar 6, no. 2 (1 oktober 2021): 153. Https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2340.

Nur’aini, siti. “nilai pendidikan anti bullying dalam sunnah nabi dan kontekstualisasinya untuk pendidikan karakter.” Jurnal pedagogy, 15, no. 2 (2022): 67-75.

Rahayu, bety agustina, dan iman permana. “bullying di sekolah : kurangnya empati pelaku bullying dan pencegahan.” Jurnal keperawatan jiwa 7, no. 3 (26 november 2019): 237. Https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246.

Rani sri anggraeni, agus halimi, dan dinar nur inten. “implikasi pendidikan dari qs al-hujurat ayat 11 terhadap pencegahan perilaku bullying.” Jurnal riset pendidikan agama islam 1, no. 1 (6 juli 2021): 1–6. Https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.34.

Santoso, gunawan, aim abdul karim, bunyamin maftuh, dan ma’mun murod. “kajian penegakan hukum di indonesia untuk membentuk perdamian dalam bhinneka tunggal ika indonesia abad 21.” Jurnal pendidikan transformatif (jupetra) 02, no. 01 (2023).

Saraswati, rika. “pencegahan perundungan/bullying di institusi pendidikan: pendekatan norma hukum dan perubahan perilaku” 1, no. 1 (2020).

Savitri, maharani diah. “penerapan pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai pancasila di sma negeri 1 palembang.” Jurnal pendidikan west science 1, no. 02 (28 februari 2023): 159–69. Https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.224.

Sholeh, muh ibnu, habibur rohman, eko agus suwandi, dan nur efendi. “transformation of islamic education: a study of changes in the transformation of the education curriculum.” Jurnal pendidikan agama islam 20, no. 1 (2023).

Siska, siska, dan witarsa tambunan. “analisis program peduli anti bullying untuk mencegah masalah belajar siswa di sman 3 tana toraja.” Jurnal manajemen pendidikan 11, no. 2 (6 september 2022): 70–77. Https://doi.org/10.33541/jmp.v11i2.4170.

Taqiyuddin, hafidz. “konsep islam tentang keadilan.” Aqlania 10, no. 2 (28 november 2019): 157. Https://doi.org/10.32678/aqlania.v10i2.2311.

Tsoraya, nurul dwi, ika ainun khasanah, masduki asbari, dan agus purwanto. “pentingnya pendidikan karakter terhadap moralitas pelajar di lingkungan masyarakat era digital.” Literaksi: jurnal manajemen pendidikan 1, no. 1 (2023): 7-12.

Utami, anindita ayu nisa. “partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan anti bullying di sma negeri 1 depok sleman.” Spektrum analisis kebijakan pendidikan 9, no. 3 (20 mei 2021): 219–29. Https://doi.org/10.21831/sakp.v9i3.17202.

Wulandari, ratna, ana fitriani, dan syaifullah nur. “pelatihan anti bullying sebagai upaya pencegahan perundungan di smpn 32 makassar.” Global journal devotion 1, no. 1 (2023): 40-44.

Zakiyah, ela zain, muhammad fedryansyah, dan arie surya gutama. “dampak bullying pada tugas perkembangan remaja korban bullying.” Focus : jurnal pekerjaan sosial 1, no. 3 (23 januari 2019): 265. Https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20502.

Zed, mestika. “metode penelitian kepustakaan,” 4. Jakarta: yayasan pustaka obor indonesia, 2014.

Zulfikri, agung. “hubungan antara pola attachment orang tua dan keinginan untuk melakukan hubungan seks pranikah pada remaja: analisis peran faktor-faktor psikologis dan konteks keluarga.” Jurnal psikologi dan konseling west science 1, no. 03 (30 juni 2023): 153–63. Https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i03.427.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Sholeh, M. I. . (2023). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PROGRAM ANTI-BULLYING DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Al Manar, 1(2), 62–85. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/almanar/article/view/987