PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0

Authors

  • M. Samsul Ikhsan Universitas Islam Malang

Keywords:

Pendidikan Islam, Karakter, Era Revolusi Industri 5.0.

Abstract

Tantangan yang dihadapi dunia pendidikan, terlebih pendidikan Islam saat ini semakin kompleks. Pendidikan diharuskan untuk beradapatsi dengan era teknologi yang semakin maju dan terintegrasi. Modernisasi pendidikan Islam dengan pendekatan pendidikan karakter menjadi keniscayaan untuk melahirkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan zaman generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  permasalahan pendidikan Islam yang sedang dihadapi dan bagaimana tantangannya kedepan. Kemudian bagaimana solusinya agar mampu bersaing dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia.Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan data dari dokumentasi menggunakan metode deskriptif-analisis. Transformasi pendidikan Islam diperlukan agar bisa keluar dari permasalahan. Penguatan lembaga pendidikan Islam juga perlu diperhatikan, yang meliputi penguatan manajemen pendidikan Islam, kepemimpinan, dan reformasi kebijakan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk manusia seutuhnya, unggul, dan berdaya saing, yaitu generasi kreatif, inovatif, berkarakter, mandiri, cinta tanah air dan religius untuk menghadapi era revolusi industri 5.0 yang menuntut serba cepat, tepat, efektif dan efisien

References

Abdullah, A. Mulkhan, Munir, A, Machasin, Asy’arie, M., Nasution, & Faiz, F. (2014). Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan Kalijaga.

Azra, A. (2014). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Prenada Media.

Basyari, I. (2019, Desember 20). Sebagian Kasus Kenakalan Remaja Dipicu Media Sosial. Kompas.Id.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2019). Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Islam Madrasah. Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019.

Faizin, I. (2017). Lembaga Pendidikan Pesantren dan Tantangan Global. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9).

Gazali, E. (2018). Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Oasis, 2(2), 94-109.

Giarti, S., & Astuti, S. (2016). Implementasi Tqm Melalui Pelatihan Model in House Training Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 80.

Gunawan. (2015). Percikan Pemikiran Pendidikan Islam: Antologi Konfigurasi Pendidikan Masa Depan (Gunawan, Ed; Cet. 1). Rajawali Pers.

Hairani, L. (2013). Korupsi di Kementrian Pendidikan Capai Rp 700 M. Tempo.Co.

Hasanah, S. I. (2014). Sumber belajar matematika dari lingkungan alam sekitar berbasis pondok pesantren. Interaksi, 9 (1), 28-31.

Jarkasih, S. (2019). Education Answer the Millenial Challenge. 374-378.

Koesoema, D. A. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1), 55-68.

Latif, L. (2016). Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Masruroh, N. & Umiarso. (2011). Modernisasi Pendidikan Islam – Ala Azyumardi Azra. Jakarta: Arruz Media.

Mulyadi, B. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Masyarakat Jepang. Izumi, 3(1), 69.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai dalam Mata Pelajaran. Familia.

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam di Era Milenial. Conciencia, 18(1), 10-28.

Priatmoko, S. (2018). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Ta’lim, 11(1), 117.

Rahman, A. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Komojoyo Press

Rembangy, M. (2010). Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Teras.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Rieneka Cipta.

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Kencana Prenada Media Grup.

Umiarso dan Asnawan. (2017). Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam dalam Bingkai Ke Indonesiaan. Kencana.

Widianto, E. (2015). Tak Transparan, Lembaga Pendidikan Suburkan Korupsi. Tempo.Co.

Wulantina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Garis Dan Sudut. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 367-373.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

M. Samsul Ikhsan. (2023). PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0. Al Manar, 1(2), 119–128. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/almanar/article/view/1104