PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA SDI ULUL ALBAB BLARU KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI
Keywords:
Moral education, character, early ageAbstract
Pendidikan akhlak merupakan aspek penting dalam membentuk kepribadian siswa sejak usia dini. Artikel ini membahas peran pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas dua di Sekolah Dasar Islam (SDI). Penekanan pada pendidikan akhlak pada usia dini merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan karakter dan moralitas siswa lingkungan sekolah yang mendukung dan menerapkan prinsip-prinsip moral juga berperan penting. Sekolah harus menciptakan budaya yang mendorong siswa untuk berperilaku baik, saling menghormati, dan mempraktikkan nilai- nilai kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. kurikulum yang mencakup pendidikan akhlak secara terstruktur dan kontekstual memainkan peran yang signifikan. Materi pembelajaran harus dirancang untuk mengajarkan siswa tentang etika, moralitas, tanggung jawab, empati, dan toleransi. Metode pengajaran yang interaktif dan melibatkan siswa dalam diskusi dan permainan peran juga dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai- nilai akhlak. kolaborasi yang erat antara guru, orang tua, dan masyarakat juga diperlukan.
Penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan kualitatif dengan karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil. Analisis dalam penelitian kualitatif cenderung dilakukan secara analisa induktif dan ma‟na merupakan hal yang esensial dalam penelitian kualitatif, Adapun jenis penelitian adalah studi kasus, yaitu suatu ekspresi intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial seperti individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat.
Hasil dari pendidikan akhlak yang efektif adalah siswa kelas dua SD yang memiliki kepribadian yang baik, berperilaku sopan, menghargai perbedaan, memiliki empati, bertanggung jawab, dan menghormati otoritas.
References
Bustami A Gani dan Djohar Bahry Judul Asli: At-Tarbiyah Al-Islamiyah. Jakarta: Bulan Bintang, Cet. V.
Al-Ghazali, Imam. Ihya‟ Ulumuddin, Juz III. Mesir: Isa Bab Al-Halaby, tt. Bahreysyi, Ajaran Akhlak Imam Ghozali. Surabaya : Al-Ikhlas.
Darwis, Amri. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Islam: Pengembangan Ilmu Hafid, Et. Al, Anwar. 2014. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Hamid dan Beni Ahmad Saebani, Hamdani. 2013. Pendidikan Karakter Persepektif
Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur‟an. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Mahmudi. 2012. Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. Moleong, Lexy J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Muchson dan Samsuri. 2013. Dasar-dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Musfah, Jejen. 2017. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik.
Jakarta: Kencana.
Mustofa, A. 2014. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia. Sadulloh Uyoh. 2011. Pedagogik: Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta.
Saebani dan Abdul Hamid, Ahmad. 2010. Ilmu Akhlaq. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta