Efektivitas Teknologi dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Google Classroom di Madrasah Aliyah

Penulis

  • Nur Masruroh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Ana Christanti Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Kata Kunci:

Efektivitas Teknologi, Google Classroom, Madrasah Aliyah, Pengajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan Google Classroom dalam pengajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Nurul Huda Sedati. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis sejauh mana platform ini mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classroom memfasilitasi pembelajaran yang lebih terstruktur dan fleksibel, meskipun terdapat kendala teknis seperti akses internet yang terbatas. Kontribusi penelitian ini terletak pada penyediaan wawasan praktis mengenai implementasi teknologi dalam pendidikan di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya dukungan teknologi yang memadai untuk memastikan keberhasilan pembelajaran daring.

Referensi

Abdul, N. B. (2023). Journal Socius Education ( JSE ) Persepsi Siswa Tentang Motivasi Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Jarak Jauh Journal Socius Education ( JSE ). 166–175. https://doi.org/10.0505/jse.v

Adeline, C., & Irwansyah, I. (2022). Determinisme Teknologi: Penggunaan ICT dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Nomosleca, 8(1), 46–65. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.7041

Asitah, N., & Ismafitri, R. (2021). Product based learning. UNUSIDA PRESS. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=4FZrEAAAQBAJ

Christanti, A., Laili, M., Mahsunah, E., & Noviyanti, M. (2021). E-Learning Platform to Assess Students ’ Performance in Industrial Revolution 4 . 0. 4060–4067.

Fajrillah, Sulaiman, O. K., Hamid, M. A., Simanihuruk, L., Simarmata, J., Hasibuan, M. S., Hasibuan, A., Purnomo, A., Muttaqin, & Guci, D. A. (2020). MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Yayasan Kita Menulis.

Hayah, P. T., & Aslam, A. (2022). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Google Classroom di Masa Pandemi pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6110–6116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3169

Husna, A. (2021). Kendala yang Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis E- Learning di Masa Pandemi. At Tarbiyah All Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 66. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i2.3718

Irmayani, M., Andayani, Y., Sofia, B. F. D., & Haris, M. (2023). Persepsi Siswa dan Guru Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Kimia di SMAN 1 Praya dan SMAN 2 Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 814–820. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1103

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Sabrina, N. S., & Nurazizah, S. (2024). Penggunaan Youtube sebagai Sarana untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(1), 803–828. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11262

Saripuddin, Yoman, A., Makdem, & Sudibio, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dan Google Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pena, 14(01), 35–41. https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jip/article/view/143%0Ahttps://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jip/article/download/143/100

Simangunsong, U. F., & Mustika, D. (2022). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas III Sekolah Dasar. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1), 37–54. https://doi.org/10.59525/ijois.v3i1.92

Subekti, I., Sutanto, Y. K., & Hariyanto, H. (2024). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.25-33

Sufiyah, L. (2022). Penggunaan Google Classroom dan Google Form sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 3 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.18045

Sujana, I. M., Waluyo, U., Arifuddin, A., & Soepriyanti, H. (2019). Pengembangan Google Classroom untuk Guru dan Mahasiswa Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1477

Tenda, P. E., Hilaria, M., Upa, M. S. P., & Rahmat, E. G. A. (2021). Effectiveness of Google Classroom and Edmodo in Online Learning During the COVID-19 Pandemic Among Pharmacy Students of Health Polytechnic of Health Ministry Kupang, Indonesia. Pharmacy Education, 21, 833–837. https://doi.org/10.46542/pe.2021.211.833837

Zufni, Z. N., & Junaidi, J. (2021). Persepsi Guru Serta Siswa Terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Sosiologi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Mandau Duri. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 355–370. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.135

Diterbitkan

2024-06-17

Cara Mengutip

Masruroh, N., & Christanti, A. . (2024). Efektivitas Teknologi dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Google Classroom di Madrasah Aliyah. Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Bahasa Inggris, 1(1), 19–23. Diambil dari https://journal.unusida.ac.id/index.php/plppbi/article/view/1369

Terbitan

Bagian

Articles