Integrasi Kurikulum Cambridge dan Nasional dalam Praktik Pengajaran di Madrasah: Evaluasi dari Pengenalan Lapangan Persekolahan

Penulis

  • Daning Isfair Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Fauziah Azizah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Mardhiyah Aruddliyanah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Ramadhani Isya Pramana Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Siti Nur Afifah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Ana Christanti Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Kata Kunci:

Integrasi Kurikulum, Kurikulum Cambridge, MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo, PBI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran, tantangan, dan perspektif yang terkait dengan integrasi Cambridge dan kurikulum nasional dalam praktik pengajaran di Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo, dengan fokus pada Pengenalan Lapangan Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, memanfaatkan data dari Google Scholar dan Scopus untuk mengumpulkan wawasan mengenai integrasi Cambridge dan kurikulum nasional dalam praktik pengajaran Madrasah. Temuan mengungkapkan bahwa Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat NU Sidoarjo menghadapi tantangan dalam menyelaraskan kurikulum Cambridge dan nasional, khususnya dalam menyeimbangkan kualitas akademik, kepatuhan terhadap standar, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Studi ini menyoroti pentingnya pengembangan kurikulum, alokasi sumber daya, dan perlunya perbaikan berkelanjutan dalam metodologi pengajaran.

Referensi

Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583

Ambarwati, R., Ningsih, N. A., Kuswardani, Y., & Valentiara, A. (2022). Pendampingan Kegiatan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris MIN 1 Kota Madiun. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 312–327. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.52153

Ambarwati, R., Romlah, L. S., & Budi, F. S. (2022). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Kegiatan Program Belajar Bersama pada Anak Desa Khepong Jaya. Journal of Social Outreach, 1(2), 40–50. https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.4468

Anam, K., Wardany, K., Rahmani, H., Joni, H., & Bangki, R. (2024). Desain Kurikulum Adaptif dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Literature Review Strategi Berfokus pada Perbedaan Individu. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1), 39–45. https://doi.org/https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1179

Ardaya, A. C., Rahmadani, S. A., & Alfarisy, F. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2158–2166. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.481

Azhar, A. A., Danial, Harmilawati, Nurul Islamiah, & Hasmiati. (2022). Pengenalan Dasar-Dasar Bahasa Inggris for Young Learners di Kelurahan Jawi-Jawi Kecamatan Bulukumpa. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i1.888

Fatmawati, F., Rahmawati, R., Hakim, A., & Al-Idrus, S. W. (2023). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Chemistry Education Practice, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.2954

Gunawan, Y., Yuliyanto, M. R., Pratama, N. B., & Pratama, N. B. (2022). Pendampingan Praktik Bahasa Inggris Bagi Santri Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.42.743

Hanafi, N., Mahawan, S., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi Pembentukan Kosakata Bahasa Inggris dengan Pendekatan Morfologi Bagi Mahasiswa D-III Farmasi Universitas Muhammadiyah Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(2), 133–138. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.2027

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol5.No1.108-118

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Loda, K. E., Ndai, A., & Fono, Y. M. (2023). Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) Di TKK Satap SDI Rutosoro. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.38048/jcmp.v1i1.2195

Maduningtias, L. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren dan Nasional untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 323–331. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.378

Masykar, T. (2019). Analisa Kebutuhan English for Specific Purpose untuk Pendidikan Vokasi. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 1(1). https://doi.org/10.38038/vocatech.v1i0.9

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Muhtar Umar Buamona, S. A., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Ningtias, N. E. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit III Parts of the Plantuntuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4713–4725. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2657

Nurwahidah, I. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru IPA Program Studi Pendidian IPA. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 22–33. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1957

Sahira, E., & Herianto, E. (2023). Menyiapkan Guru Profesional Melalui Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1957–1964. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1947

Santoso, M. N. (2023). Menggabungkan Budaya dan Pemahaman antar Budaya dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Webinar bagi Pengajar Bahasa Inggris di Sulawesi Utara. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 135–145. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.187

Sari, E., & Noor, A. F. (2022). Kebijakan Pembelajaran Yang Merdeka: Dukungan dan Kritik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.7

Sari, I. N., Susyanti, J., Ambarwati, A., Ariani, B., Jurana, Martini, M., Marselinus, Heriteluna, Supeni, N., Arief, N. F., Nurmawati, Wahyuningsih, S., Subkhan, Taufiq, M., Saputro, A. N. C., Purnomo, A., Widiatsih, A., Amri, F., Karwanto, … Hayat. (2021). Dosen Merdeka. UNISMA PRESS.

Setiyadi, B., Mahpul, -, Sukirlan, M., & Putrawan, G. E. (2021). Pelatihan Model Pembelajaran Speaking dengan Communicative Approach Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 82–92. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.35

Sugiarto, F. (2021). Kurikulum Pendidikan Madrasah di Pesantren Menjadi Salah Satu Alternatif Sistem Pendidikan Nasional. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(1). https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i1.2958

Syafri, U. A., Asriandhini, B., Tamam, A. M., AlKattani, A. H., Rifkawaty, H., Rahayu, R. F., & Gibran, A. F. (2023). Analisis SWOT Madrasah Aliyah dalam Meningkatkan Lulusan di Tingkat Nasional Menyambut Peradaban Unggul Tahun 2045. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 62. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8846

Tahapary, S. S., & Wahyono, T. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Bantu Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 230–242. https://doi.org/10.24246/itexplore.v1i3.2022.pp230-242

Taufik, O. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Madrasah Unggulan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2), 168–182. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1296

Umiyati, M., & Widayanti, N. M. C. (2022). Pengajaran Bahasa Inggris Kepada Anak Anak Binaan di Desa Suwung yang Dikelola Komunitas Kammbodja Rumah Belajar. Linguistic Community Services Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.55637/licosjournal.3.1.4778.9-15

Wahyuningsih, S. (2019). Kreasi Lagu Anak Berbahasa Inggris (Nursery Rhymes) sebagai Media untuk Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 189. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.4998

Diterbitkan

2024-06-10

Cara Mengutip

Rahmawati, D. I., Azizah, F. ., Aruddliyanah, M. ., Pramana, R. I. ., Afifah, S. N. ., & Christanti, A. . (2024). Integrasi Kurikulum Cambridge dan Nasional dalam Praktik Pengajaran di Madrasah: Evaluasi dari Pengenalan Lapangan Persekolahan. Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Bahasa Inggris, 1(1), 13–18. Diambil dari https://journal.unusida.ac.id/index.php/plppbi/article/view/1367

Terbitan

Bagian

Articles