Peran Asistensi Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Kampus Merdeka

Authors

  • Raisa Azwar Universitas Nahdlatul Ulama Sumatra Barat
  • Dina Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Iqdam Mualim Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Indah Sartika Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
  • Erina Mandasari Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali

DOI:

https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1160

Keywords:

Asistensi mengajar, Kampus Merdeka, Pendidikan tinggi, Studi literatur

Abstract

Asistensi mengajar dalam konteks Kampus Merdeka sebagai suatu inisiatif pendidikan di Indonesia untuk memperkaya proses belajar di Indonesia melalui pendekatan yang lebih fleksibel dan kompetensi berorientasi. Studi literatur ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana asistensi mengajar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam dinamika pendidikan. Metode penelitian melibatkan analisis kualitatif dari data yang dikumpulkan dari berbagai publikasi akademik, laporan kebijakan, dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asistensi mengajar berperan signifikan dalam memfasilitasi pembelajaran interaktif, pengembangan keterampilan, dan integrasi teknologi dalam proses belajar. Studi ini memberikan kontribusi baru dalam pemahaman tentang peran asistensi mengajar di era Kampus Merdeka, serta memberikan rekomendasi bagi institusi pendidikan dan pembuat kebijakan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang efektif

Teaching assistance in the context of Kampus Merdeka as an educational initiative in Indonesia to enrich the learning process in Indonesia through a more flexible and competency-oriented approach. This research aims for a literature study analyzing how teaching assistance can improve the quality of learning in the dynamics of education. The research method involves qualitative analysis of data collected from various academic publications, policy reports, and case studies. The results show that teaching assistance plays a significant role in facilitating interactive learning, skill development, and technology integration in the learning process. This study provides a new contribution to the understanding of the role of teaching assistance in the Independent Campus era, as well as providing recommendations for educational institutions and policy makers in the development of effective learning strategies.

References

Aly, A. (2017) ‘Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi’, Ishraqi, 1(1), pp. 18–30. Available at: https://doi.org/10.23917/ishraqi.v1i1.2926.

Anam, F. et al. (2020) ‘Improving the Numeracy Mathematics Ability: The Role of Abacus Learning Model’, Journal of Physics: Conference Series, 1594(1), p. 012041. Available at: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012041.

Andriyani, H. et al. (2023) ‘Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dan Dampaknya Terhadap Budaya Literasi Siswa di SDN 43 Cakranegara’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), pp. 452–459. Available at: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1200.

Asitah, N., Anam, F. and Purnomo, A. (2022) ‘Kajian Tingkat Kompleksitas Masalah Pada Buku Pembelajaran Matematika Berbasis Taksonomi Solo’, Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), pp. 109–118. Available at: https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.13.

Bhakti, Y.B. et al. (2022) ‘Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi’, Research and Development Journal of Education, 8(2), p. 783. Available at: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865.

Fadhila, D.N. et al. (2023) ‘Seminar Penguatan Ideologi Pancasila di Madrasah Aliyah Salafiyah Ketegan Tanggulangin’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(1). Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.756.

Fajrillah et al. (2020) MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Yayasan Kita Menulis.

Firdaus, M. et al. (2022) ‘Mapping of Linguistic Diversity Research Themes: A Review’, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, pp. 749–758. Available at: https://ieomsociety.org/proceedings/2021dhaka/458.pdf.

Flora, H.S. (2023) ‘Perbandingan Pendekatan Restorative Justice dan Sistem Peradilan Konvensional dalam Penanganan Kasus Pidana’, AL-MANHAJ: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, 5(2), pp. 1933–1948. Available at: https://doi.org/10.37680/almanhaj.v5i2.3812.

Ghazali, A., Ngabekti, D.K. and Andriani, N.P. (2021) ‘Papan Permainan Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa Pada Anak Usia Dini’, CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication, 2(1), pp. 34–40. Available at: https://doi.org/10.33153/citrawira.v2i1.3667.

Hikmah, S.N.A. (2023) ‘Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Komprehensif’, Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2) (JUPE2), 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.89.

Juwan, D.P.A. and Siswadi, G.A. (2023) ‘Pentingnya Pengembangan Kurikulum Abad 21 Berbasis Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme’, Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 7(2), p. 179. Available at: https://doi.org/10.55115/gentahredaya.v7i2.3573.

Kahar, M.I. et al. (2021) ‘Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi Covid 19’, Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), pp. 58–78. Available at: https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40.

Kamila, Q.A.N. et al. (2024) ‘Merdeka Belajar: Memahami Konsep Pembelajaran Masa Kini’, Journal Of Information Systems And Management, 3(2), pp. 104–110. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.909.

Marisana, D., Iskandar, S. and Kurniawan, D.T. (2023) ‘Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 7(1), pp. 139–150. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363.

Mastuti, R. et al. (2020) TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Edited by Janner Simarmata. kitamenulis.id.

Mayoni, N.K., Naamy, N. and Malik, A. (2023) ‘Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Partisipasi Wali Murid pada Masa Pandemi di SD Negeri Sesake’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), pp. 786–792. Available at: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1327.

Mumayizah, M. et al. (2023) ‘Penguatan Literasi dan Numerasi Menggunakan Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran di SD oleh Kampus Mengajar Angkatan 6’, Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3). Available at: https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82366.

Muslikh (2022) Pendidikan Islam di Era Merdeka Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ningrum, L.I.W., Lubis, E. and Lisdayanti, S. (2022) ‘Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kopetensi Smpn 06 Bengkulu Selatan’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), pp. 359–371. Available at: https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3754.

Pramudita, R. et al. (2022) ‘Evaluation of Merdeka Belajar Kampus Merdeka to Improve The Quality of Tridharma at Bina Insani University’, Journal of Information System, 6(1), p. 13. Available at: https://doi.org/10.51211/isbi.v6i1.1709.

Prianto, A. (2023) ‘Keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran berbasis MBKM dalam memperkuat kecakapan kerja utama’, 5th Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, pp. 1–18.

Ramalan, M. et al. (2023) ‘Prevalence and trends of adult overweight and obesity in Nigeria — A systematic review and meta-analysis’, Nigerian Journal of Clinical Practice, 26(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.4103/njcp.njcp_1903_21.

Sanadi, R. et al. (2023) ‘Association of periodontal disease with oral lichen planus: A systematic review and meta analysis’, Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, 27(1), p. 173. Available at: https://doi.org/10.4103/jomfp.jomfp_178_22.

Sao, S. et al. (2022) ‘Respon Mahasiswa Proram Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores pada Program MBKM’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 812–823. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1242.

Siska, M. et al. (2023) ‘Kecerdasan Buatan dan Big Data dalam Industri Manufaktur: Sebuah Tinjauan Sistematis’, Nusantara Technology and Engineering Review, 1(1), pp. 41–53. Available at: https://journal.unusida.ac.id/index.php/nter/article/view/1119.

Utami, A.D.W. et al. (2021) ‘Student Centered Learning and Flipped Classroom of Lesson Study: A Case Study in Higher Education’, Middle European Scientific Bulletin, 14. Available at: https://doi.org/10.47494/mesb.2021.14.662.

Utami, E.L., Mulyadiprana, A. and Saputra, E.R. (2023) ‘Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), pp. 302–312. Available at: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2550.

Vhalery, R., Setyastanto, A.M. and Leksono, A.W. (2022) ‘Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur’, Research and Development Journal of Education, 8(1), p. 185. Available at: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.

Warni and Sartje (2020) ‘Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi’, PEDAGOGIKA, 10(2), pp. 84–94. Available at: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60.

Wulandari, R.A., Yani, A.S. and Pravitasari, E. (2023) ‘Sosialisasi Pentingnya Mengikuti Program Wirausaha Merdeka Bagi Gen Z Di Era Digital’, Jurnal Pemberdayaan Nusantara, 3(2), pp. 12–18. Available at: https://doi.org/10.52447/jpn.v3i2.7329.

Yanuarsari, R. et al. (2022) ‘Potret Kepemimpinan dan Mutu Pendidikan di Era MBKM Studi Deskriptif pada Perguruan Tinggi Swasta’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), pp. 3822–3831. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2757.

Downloads

Published

25-01-2024

How to Cite

Azwar, R., Setyowati, D., Mualim, I. ., Sartika, I. ., & Mandasari, E. . (2024). Peran Asistensi Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Kampus Merdeka. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1160