UPAYA GURU DALAM PEMBIASAAN DAN KETELADANAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA PASURUAN
Keywords:
Pembiasaan, Keteladanan, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat digambarkan bahwa dalam implementasi pendidikan karakter di MIN 2 Kota Pasuruan melalui tiga pedoman pelaksanaan yaitu: metode pelaksanaan, Pelaksanaan di madrasah yang terdiri dari: kegiatan sehari-hari di kelas, budaya madrasah dan Kegiatan di madrasah. Disamping itu juga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keteladanan guru adalah figur yang selalu disorot oleh masyarakat, baik kinerjanya, kepribadiannya, maupun karakternya yang dapat menjadi teladan bagi siswanya. Karakteristik siswa adalah nilai-nilai keteladanan yang ditanamkan oleh guru melalui sistem nilai budaya dan nilai moral melalui kehidupan pribadinya. Keteladanan guru yang dapat di contoh oleh siswa diantaranya adalah berpakaian rapi mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, bersikap amanah dan bertanggung jawab terhadap tugas sekolah (PR) yang diberikan, hadir tepat waktu pada saat jam pelajaran, bersikap ramah terhadap teman di lingkungan madrasah, menjaga kebersihan di lingkungan madrasah, saling membantu dan berbagi antar sesama teman.
References
Abbudin Nata. (2004). Metodelogi Studi Islam (I). PT.Raja Grafindo Persada.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Arifin, S. (2015). Studi Islam Kontemporer Arus Radikalisasi dan Multikulturalisme di Indonesia (H. Bachtiar (ed.); I). Intrans Publishing.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset Memilih di Antara Lima Pendekatan (S. Z. Qudsy (ed.); III). Pusta Pelajar.
Creswell, J. W. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran ( Research Design, Qualitative, Quantitaive and Mixed Methods Approaches ) (Priyati (ed.); II). Pustaka LP3ES.
Dewantara, K. H. (1935). Ki Hadjar Dewantara. In Majalah Poesara.
Fadjar, M. (2006). Quo Vadis Pendidikan Islam Pembacaan Realitas Pendidikan Islam, Sosial dan Keagamaan (Pengembangan Pendidikan Islam yang Menjanjikan Masa Depan) (M. R. dan I. Suprayogo (ed.); II). UIN Malang Press.
Imron, A. (2016). Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Edukasi Islamika, 1(1), 89–118.
Nurhidaya, N., Lundeto, A., & Luma, M. (2021). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 56–67. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i2.68
Rahardjo, M. (2006). Agama dan Moralitas Reaktualisasi Pendidikan Agama di Masa Transisi (Quo Vadis Pendidikan Islam Pembacaan Realitas Pendidikan Islam, Sosial dan Keagamaan) (II). UIN Malang Press.
Rahmad, J. (1996). Psikologi Agama (I). Rajawali Press.
Romadhon, K., Hidayat, N., Malahati, F., Rizki, A., & Fitriyati, I. (2023). Menggali Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah. Literasi, XV(2), 103–112.
Sri Wahyuni, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(2), 127–140. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v3i2.47
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (XI). PT Remaja Rosdakarya.
Tilaar, H. A. R. (2003). Kekuasaan dan Pendidikan. Indonesia Tera.
Ulwan, A. N. (1981). Pedoman pendidikan anak- anak dalam Islam Jilid 1-2 (I). Asy-Syifa’.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis