Perancangan Video Kampanye Cyberbullying untuk Anak Muda Usia 14-20 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.902Kata Kunci:
video kampanye, cyberbullying, media sosial, anak mudaAbstrak
Anak muda Indonesia tercatat sebagai salah satu pengguna sosial media terbesar di dunia. Meskipun media sosial memiliki banyak kekuatan, namun media sosial juga mempunyai kelemahan jika disalahgunakan seperti menjadi tempat perundungan. Anak muda kurang sadar dan kurang paham mengenai dampak bahayanya perundungan di dunia daring (cyberbullying) bagi mereka. Maka dari itu video kampanye ini dirancang untuk pencegahan tindakan cyberbullying bagi anak muda. Data-data didapat melalui penelitian studi kualitatif dan kuantitatif. Video dikemas secara sinematik berdurasi 1-2 menit digunakan agar pesan disampaikan secara implisit dan halus agar tidak terkesan menggurui. Penggunaan alur cerita yang saling berkaitan antar video digunakan untuk menonjolkan pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, dibuatnya media pendukung berupa media cetak dan merchandise diciptakan agar mendukung kampanye. Perancangan 8 video kampanye ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan informasi akan cyberbullying kepada anak muda berusia 14-20 tahun agar bijak bermedia sosial yang berfokus pada pesan akan perundungan di dunia daring yang mampu memicu dan menyebabkan terjadinya pelecehan verbal pada anak muda.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.