Analisa Performa Deteksi Marker pada AR Daspro Menggunakan Metode Fast Corner Detection
Abstrak
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan elemen digital dengan dunia nyata secara interaktif. AR biasanya menggunakan kamera untuk mendeteksi dan melacak objek fisik di sekitarnya. Kemudian, dengan bantuan perangkat lunak, AR menampilkan konten digital, seperti gambar, video, atau grafik tiga dimensi di atas objek fisik tersebut. AR dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, diataranya bidang pendidikan, yaitu untuk pembelajaran Dasar Pemrograman. Salah satu engine untuk membuat sebuah aplikasi Augmented Reality ini adalah Vuforia. Dalam pembuatan aplikasi augmented reality di sini tidak hanya menggunakan engine Vuforia tetapi juga menggunakan aplikasi Unity. Aplikasi Augmented Reality Dasar Pemrograman (AR Daspro) di sini dibuat untuk memudahkan dalam pengajaran pada mata kuliah Dasar Pemrograman karena sebagian besar mahasiswa menganggap sangat sulit memahami konsep algoritma pada mata kuliah Dasar Pemrograman. Dengan adanya aplikasi Augmented Reality ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami algoritma. Pada penelitian kali ini peneliti akan menganalisa seberapa baik performa deteksi marker yang ada pada Engine Vuforia menggunakan marker QR Code dengan metode Fast Corner Detection. Jika kebanyakan aplikasi Augmented Reality menggunakan marker yang berbasis gambar namun pada kali ini peneliti ingin mencoba QR Code sebagai marker dan nantinya akan dianalisa bagaimana performa untuk deteksi marker.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.