Perancangan Brand Identity UMKM Sekar Mulya Sebagai Media Pengenalan Identitas Dan Citra Produk
Kata Kunci:
Branding, Belimbing Wuluh, UMKMAbstrak
Sekar Mulya adalah UMKM yang berlokasi di Desa Mulyodadi Kab Sidoarjo bergerak di bidang olahan makanan dan minuman dengan bahan dasar belimbing wuluh. Produk unggulan yang dihasilkan oleh UMKM ini adalah sirup, sari buah, manisan, dan selai. Identitas mempunyai peranan penting dalam kegiatan promosi dan pemasaran. Keterbatasan identitas yang dimiliki oleh UMKM Sekar Mulya akan menghambat proses promosi dan pemasaran. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah brand identity yang kuat sebagai pengenal dan mengkomunikasikan citra produk. Proses perancangan mempunyai tahapan dari latar belakang, merumuskan masalah, pengmpulan data, analisis data, konsep perancangan, visualisasi, dan final design. Metode pengumpulan data mengadopsi metode penelitian kualitatif yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data yang dilakukan menggunakan teori SWOT. Hasil dari perancangan ini adalah logo dan maskot sebagai media pokok. Pembentukan logo terinspirasi dari singkatan nama Sekar Mulya yaitu huruf “SM”. Maskot terinspirasi dari wanita Sidoarjo yang memakai kebaya tradisional yang dilengkapi dengan jarik motif beras wutah. Perancangan ini dilengkapi media pendukung antara lain stationery, merchandise, banner, label kemasan, dan graphic standard manual.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.