Perancangan Brand Identity UMKM Sekar Mulya Sebagai Media Pengenalan Identitas Dan Citra Produk

Penulis

  • Moh Cholisatur Rizaq Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Sunarmi Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Fauzia Nur Alisha Universitas Maarif Hasyim Latif

Kata Kunci:

Branding, Belimbing Wuluh, UMKM

Abstrak

Sekar Mulya adalah UMKM yang berlokasi di Desa Mulyodadi Kab Sidoarjo bergerak di bidang olahan makanan dan minuman dengan bahan dasar belimbing wuluh. Produk unggulan yang dihasilkan oleh UMKM ini adalah sirup, sari buah, manisan, dan selai. Identitas mempunyai peranan penting dalam kegiatan promosi dan pemasaran. Keterbatasan identitas yang dimiliki oleh UMKM Sekar Mulya akan menghambat proses promosi dan pemasaran. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah brand identity yang kuat sebagai pengenal dan mengkomunikasikan citra produk. Proses perancangan mempunyai tahapan dari latar belakang, merumuskan masalah, pengmpulan data, analisis data, konsep perancangan, visualisasi, dan final design. Metode pengumpulan data mengadopsi metode penelitian kualitatif yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data yang dilakukan menggunakan teori SWOT. Hasil dari perancangan ini adalah logo dan maskot sebagai media pokok. Pembentukan logo terinspirasi dari singkatan nama Sekar Mulya yaitu huruf “SM”. Maskot terinspirasi dari wanita Sidoarjo yang memakai kebaya tradisional yang dilengkapi dengan jarik motif beras wutah. Perancangan ini dilengkapi media pendukung antara lain stationery, merchandise, banner, label kemasan, dan graphic standard manual.

Biografi Penulis

Moh Cholisatur Rizaq, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta

Magister Seni Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta

Sunarmi, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta

Magister Seni Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta

Fauzia Nur Alisha, Universitas Maarif Hasyim Latif

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknik

8

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31