Perancangan Video Promosi Cat Aksritex Menggunakan Media YouTube
Kata Kunci:
Cat Aksritex, Brand awareness, Video PromosiAbstrak
Cat Aksritex adalah cat tekstil yang diciptakan oleh ibu Nanik yang merupakan seorang guru seni pada tahun 2010. Cat Aksritex pada awal promosinya dari mulut ke mulut, sehingga informasinya kurang menyebar ke masyarakat. Pada tahun 2017 peneliti melakukan survey di Sidoarjo yang menghasilkan brand awareness cat Aksritex masih sangat rendah di masyarakat Sidoarjo, dari 50 orang hanya ada 5 orang yang tahu cat Aksritex. Penelitian ini menggunakan metode Desain Komunikasi Visual Umum 2 yang bersumber dari buku Desain Komunikasi Visual Terpadu karya Yongky Safanayong. Terdiri dari 8 tahapan penelitian yaitu, Pengambilan data, Analisis, Sintesis, Tema, Strategi Komunikasi, Visualisasi, Produksi dan Hasil akhir. Kemudian setelah jadi video promosi akan di unggah ke YouTube. Lalu peneliti melakukan sampling terhadap target audience di Sidoarjo, untuk menguji minat dari target audience terhadap video promosi cat Aksritex. Kesimpulan yang didapatkan dari sampling tersebut menunjukan bahwa rata-rata jawaban target audience terhadap video promosi cat Aksritex adalah valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peneliti berhasil meningkatkan brand awareness produk cat Aksritex melalui video promosi di YouTube. Hal ini di dukung dengan pertanyaanpertanyaan lain yang membahas tentang video seperti segi warna, tipografi, transisi dan efek dari video, dan hampir semua jawaban target audience valid.
Kata Kunci — Cat Aksritex, Brand awareness, dan Video Promosi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.