Karakter Visual pada Video Promosi Sebagai Upaya Memperkenalkan UKM Sidoarjo

Penulis

  • Aphief Tri Artanto Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur
  • Fatimatul Zuhroh Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur
  • Aryo Bayu Wibisono Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur

Kata Kunci:

Video Promosi, Video Promosi UMKM , UMKM Sidoarjo

Abstrak

Perlunya perbaikan citra kampung-kampung UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di kabupaten Sidoarjo untuk memperkenalkan keunggulan yang dimiliki UMKM Sidoarjo, melalui media video sebagai pendukung program Kabupaten Sidoarjo. Dengan penyusunan jurnal ini diharapkan UMKM Kabupaten Sidoarjo memiliki sebuah karakter video yang akan di gunakan untuk keperluan video promosi UMKM Kabupaten Sidoarjo untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih luas. Penggalian data melakukan Observasi pada 12 kampung UMKM unggulan di kabupaten Sidoarjo. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif yakni observasi, wawancara, dan kuisioner. Dalam perancangan video promosi digunakan analisa SWOT, analisis framing, analisa domain dan riset melalui kuisioner, yang menjadi dasar visualisasi video promosi agar mampu sesuai dengan target sasaran/target segmen.

Kata Kunci: Video Promosi, Video Promosi UMKM , UMKM Sidoarjo

Biografi Penulis

Aphief Tri Artanto, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

Fatimatul Zuhroh, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

Aryo Bayu Wibisono , Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-31