Perancangan Prototype EFORKID sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak-anak

Penulis

  • Afika Rianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ayu Pangestu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhamad Fawaz Nurfauzan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v7i1.503

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, Media Pembelajaran, Prototipe, UCD

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang memiliki kedudukan penting dalam banyak bidang baik pekerjaan maupun pendidikan. Namun, masih terdapat faktor-faktor penghambat dalam belajar bahasa Inggris seperti kurangnya media pembelajaran yang mendukung. Pada penelitian sebelumnya mengenai media pembelajaran dikemukakan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman, minat, dan hasil belajar peserta didik. Tujuan pada penelitian ini yaitu merancang prototype aplikasi EFORKID (English for Kid) berbasis android supaya dapat membantu meningkatkan self-learning anak-anak dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik survei untuk pengumpulan data dan metode User Centered Design (UCD) dalam merancang desain prototype. Desain aplikasi media pembelajaran yang penulis rancang yaitu berupa low fidelity dan high fidelity. Fitur utama pada media pembelajaran ini yaitu watch, read, listen, dan test. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan kepada target user menggunakan pengujian thinking aloud, dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi EFORKID mudah digunakan. Harapannya dengan adanya penelitian ini, maka dapat membantu peneliti lain khususnya mereka yang terjun di bidang interaksi manusia dan komputer serta dapat memberi wawasan bagi para pembaca mengenai perancangan prototype aplikasi media pembelajaran.

Biografi Penulis

Afika Rianti, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Kampus Purwakarta

Ayu Pangestu, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Kampus Purwakarta

Muhamad Fawaz Nurfauzan, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Kampus Purwakarta

3

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-31