Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Desa Cibolang Kaler Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v6i2.423Kata Kunci:
Sistem Informasi, Pelayanan, Desa, Cibolang Kaler, Surat.Abstrak
Saat ini setiap instansi pemerintahan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, salah satunya pada tingkat Desa. Pengelolaan administrasi dan informasi desa seharusnya dipublikasikan kedalam bentuk sistem sehingga masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan informasi yang ada di desa. Desa Cibolang Kaler merupakan desa yang belum menerapkan sistem informasi pelayanan berbasis online. Sedangkan permintaaan surat dari warga, sangat banyak sehingga ketika warga ingin membuat surat, harus langsung datang ke kantor Desa Cibolang Kaler. Selain itu warga seringkali mengeluh karena pelayanan desa yang lama karena menunggu antrian pembuatan surat menyurat harus dilakukan secara manual, dan juga kurangnya staf yang hanya satu staf pada bagian pelayanan administrasi. Oleh karena itu perlu adanya system informasi pelayanan surat mandiri desa untuk mempermudah warga dan aparatur desa dalam mengelola surat menyurat yang ada di Desa Cibolang Kaler.
![](https://journal.unusida.ac.id/public/journals/6/submission_423_438_coverImage_en_US.png)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.