Perancangan Brand Identity dan Desain Kemasan Aldo Skincare

Penulis

  • Nawang Ayu Rahardjo LSPR Communication and Business Institute
  • Novri LSPR Communication and Business Institute

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v6i2.418

Kata Kunci:

brand identity, desain kemasan, perancangan, skincare, identitas merek

Abstrak

Aldo Skincare adalah sebuah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjual serum untuk wajah. Namun brand identity maupun desain kemasan yang dimiliki oleh Aldo Skincare belum membentuk brand image dan mengkomunikasikan informasi produk, membuat Aldo Skincare belum dapat bersaing dengan kompetitor lokal sejenis. Brand identity dirancang ulang dengan menggunakan langkah-langkah karya menurut Wheeler dan langkah-langkah karya mendesain kemasan menurut Klimchuk dan Krasovec. Hasilnya, pesan kunci dari Aldo Skincare adalah “For Healthy, Makes Beauty, Simple for Anyone” dengan tetap mempertahankan identitas warna yang sebelumnya digunakan. Melalui perancangan ini dibuat penamaan baru, yaitu Aglow by Aldo Baskoro dengan tagline “Drop of Wholesome”. Perancangan tersebut, sebagai atribut produk untuk menyampaikan informasi dan memperkuat brand image, diharapkan mampu meningkatkan keunikan dan daya tarik, sehingga secara tidak langsung diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan menjadi brand pilihan khalayaknya.

Biografi Penulis

Nawang Ayu Rahardjo, LSPR Communication and Business Institute

Fakultas Ilmu Komunikasi

Novri, LSPR Communication and Business Institute

Fakultas Ilmu Komunikasi

4c

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31