Persepsi Subliminal dalam Periklanan (Subliminal Advertising)

Penulis

  • Athika Dwi Wiji Utami Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Kata Kunci:

DKV, Persepsi, Subliminal, Advertising, Psikologi Desain

Abstrak

Subliminal advertising merupakan salah satu strategi persuasi yang popular digunakan di kalangan agensi periklanan meskipun masih menjadi polemik karena diragukan keefektifannya dan memicu kontroversi mengenai etis tidaknya penggunaan pendekatan ini. Stimulus yang berasal dari iklan, baik secara visual, audio, maupun visual audio, diserap dan diproses secara tidak sadar menembus benak konsumen tanpa rintangan dari SuperEgo sehingga akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan apakah akan membeli / menggunakan produk/jasa tersebut atau tidak. Sebuah iklan yang diulang-ulang secara berkala, dapat membuat khalayak akan terus mengingat brand tersebut dan dapat meningkatkan brand awarenessnya.
Kata Kunci : persepsi subliminal, persepsi, subliminal advertising

Biografi Penulis

Athika Dwi Wiji Utami, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Prodi Desain Komunikasi Visual

Fakultas Ilmu Komputer

Diterbitkan

2017-12-29