Perancangan Logo Sebagai Visual Identity Kedai Kopi “OLSEN” Semarang

Penulis

  • Frederik Prasidya Prakasita Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Dwi Puji Prabowo Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Agus Setiawan Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i2.1462

Kata Kunci:

Brand awareness, Brand identity, Logo, Visual identity

Abstrak

“OLSEN” merupakan sebuah kedai kopi yang masih sangat baru di kota Semarang. Perancangan ini bertujuan untuk memvisualisasikan identitas kedai kopi “OLSEN”.  Desain logo didasarkan pada unique selling proposition (USP) yang dielaborasikan dengan konsep pengembangan usaha yakni kedai kopi dengan nuansa kekeluargaan.  Dalam mengidentifikasi USP digunakan metode analisis deskriptif kualitatif strengths (S), weaknesses (W), opportunities (O), dan threats (T) atau SWOT. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan dengan pendekatan wawancara dan observasi. Bertitiktolak dari dasar dari USP, logo yang dikembangkan adalah jenis logotype dengan pilihan huruf kapital San Serif bold, dan pilihan warna orens. Logo dibuat minimalis untuk memberikan kesan ringan, hommy, dan ramah. Logo ditambahkan slogan "Caffeine Supply" untuk memberikan kesan unik dan kekinian, serta tidak generik. Desain logo yang minimalis dipilh karena kedai kopi “OLSEN” merupakan kedai kopi yang belum lama beroperasi, sehingga logo diharapkan memudahkan konsumen untuk mengingat kedai kopi “OLSEN”.

Biografi Penulis

Frederik Prasidya Prakasita, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer

Dwi Puji Prabowo, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer

Agus Setiawan, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer

8

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-24