Perancangan Komik Edukasi Cosplay untuk Generasi Muda di Indonesia

Penulis

  • Glennesha Geneviene Universitas Pradita
  • Irwan Harnoko Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i2.1435

Kata Kunci:

Cosplay, Komik edukasi, Budaya Pop

Abstrak

Cosplay (コスプレ, kosupure) merupakan tindakan di mana seseorang meniru identitas atau karakter dari karakter anime, komik, kartun, atau karakter terkenal lainnya dengan mengenakan pakaian, topi, rambut palsu, sepatu, dan aksesoris lainnya. Berkembangnya cosplay sebagai pop culture di Indonesia memberikan banyak sekali peluang bagi orang-orang awam terutama remaja untuk memulai hobi ini. Akan tetapi, masih banyak remaja pemula dan orang awam yang tidak memiliki sumber untuk memulai cosplay. Oleh karena itu perancangan komik sebagai media edukasi untuk memulai cosplay sangat dibutuhkan agar pemula dapat mendapatkan arahan dan mendapatkan esensi cosplay di dalamnya. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah kualitatif deskriptif dan fenomenologi bersama professional cosplayer, komunitas cosplay Surabaya (COSURA), dan juga komikus Kang Cilok. Hasil dari penelitian ini diharapkan agar dapat memberikan edukasi cara memulai hobi cosplay kepada pemula dengan menghibur dan dapat dijadikan referensi bagi pengembangan komik edukasi selanjutnya.

Biografi Penulis

Glennesha Geneviene, Universitas Pradita

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknik dan Desain

Irwan Harnoko, Universitas Pradita

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknik dan Desain

9

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-24