Perancangan Komik Edukasi Cosplay untuk Generasi Muda di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i2.1435Kata Kunci:
Cosplay, Komik edukasi, Budaya PopAbstrak
Cosplay (コスプレ, kosupure) merupakan tindakan di mana seseorang meniru identitas atau karakter dari karakter anime, komik, kartun, atau karakter terkenal lainnya dengan mengenakan pakaian, topi, rambut palsu, sepatu, dan aksesoris lainnya. Berkembangnya cosplay sebagai pop culture di Indonesia memberikan banyak sekali peluang bagi orang-orang awam terutama remaja untuk memulai hobi ini. Akan tetapi, masih banyak remaja pemula dan orang awam yang tidak memiliki sumber untuk memulai cosplay. Oleh karena itu perancangan komik sebagai media edukasi untuk memulai cosplay sangat dibutuhkan agar pemula dapat mendapatkan arahan dan mendapatkan esensi cosplay di dalamnya. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah kualitatif deskriptif dan fenomenologi bersama professional cosplayer, komunitas cosplay Surabaya (COSURA), dan juga komikus Kang Cilok. Hasil dari penelitian ini diharapkan agar dapat memberikan edukasi cara memulai hobi cosplay kepada pemula dengan menghibur dan dapat dijadikan referensi bagi pengembangan komik edukasi selanjutnya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.