Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android
Kata Kunci:
Pemanfaatan, Augmented Reality, Media PembelajaranAbstrak
Huruf hijaiyyah adalah merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari bagi semua umat beragama Islam. Melalui aplikasi augmented reality pengenalan Huruf Hijaiyyah ini, pembelajaran pengenalan huruf hijaiyyah ini menjadi lebih menarik dan interaktif sehingga pengguna lebih antusias dalam mengenal dan mempelajari huruf hijaiyyah. Untuk menyempurnakan data-data yang dibutuhkan, maka penulis melakukan pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan (library research) atau studi literatur dan penelitian lapangan (field research) atau pengumpulan data terhadap objek penelitian secara langsung. Setelah melakukan pengujian sistem aplikasi augmented reality pengenalan Huruf Hijaiyyah ini menggunakan metode blackbox, maka dapat aplikasi dapat menampilkan objek sesuai dengan marker yang telah ditentukan dan dapat berjalan dengan baik pada perangkat mobile yang memiliki RAM minimal 2 GB. Smartphone yang disarankan untuk digunakan adalah smartphone dengan kamera berukuran di atas 13 MP untuk dapat maksimal mendeteksi marker dan waktu yang diperlukan untuk mendeteksi marker akan semakin cepat.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.