Meningkatkan Pemahaman Materi Bioma melalui Ilustrasi 2D: Pendekatan Visual dalam Pembelajaran Geografi
DOI:
https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i2.1208Kata Kunci:
Ilustrasi, Gaya Ilustrasi, Persebaran BiomaAbstrak
Bioma merupakan salah satu materi di dalam ilmu Geografi. Dalam materi persebaran bioma terdapat banyak informasi mengenai kondisi alam, hewan, dan tumbuhan dari setiap jenis bioma. Banyaknya informasi dan penyampaian materi yang didominasi dengan teks dapat membuat para remaja kesulitan untuk mengingat atau memahami materi tersebut karena mereka akan lebih cepat bosan ketika membaca teks yang memenuhi halaman, oleh karena itu diperlukan instrumen tambahan untuk membantu penyampaian materi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan keunggulan penggunaan ilustrasi 2D dalam penyampaian sebuah materi dan diharapkan dapat mendorong pembuatan materi pembelajaran yang lebih menyenangkan namun tetap berbobot. Melalui pendekatan penelitian studi pustaka, peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari jurnal-jurnal mengenai visual dengan tema yang berkaitan yaitu ilustrasi, pendidikan, dan persebaran flora dan fauna. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ilustrasi 2D merupakan salah satu media yang mampu menarik perhatian pembaca dan membuat para pembaca menjadi lebih nyaman dan mudah dalam menerima sebuah informasi. Selain sebagai pelengkap dari informasi, ilustrasi juga dapat memudahkan para remaja untuk mengingat bentuk dari hewan, tumbuhan, dan juga kondisi alam dari sebuah bioma. Peneliti percaya bahwa informasi dari materi jenis-jenis bioma dapat disampaikan dengan lebih efektif dan mampu untuk mempertahankan minat baca siswa dengan bantuan ilustrasi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.