Pemanfaatan Game Edukasi dalam Pembelajaran SejarahMesir Kuno: Studi Kasus dan Analisis Persepsi Penggunaterhadap Game Archeologist: Ancient Egypt

Penulis

  • Vany Mulyati Ornella Gunawan Institut Teknologi Nasional image/svg+xml
  • Ganis Resmisari Institut Teknologi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.55732/8vw92395

Kata Kunci:

Metode Belajar, Sejarah Mesir Kuno, Motivasi belajar, Game Edukasi

Abstrak

Metode belajar merupakan strategi penting dalam proses pembelajaran untuk
membantu siswa memahami materi. Metode belajar berkaitan dengan motivasi belajar siswa, khususnya sejarah yang sering dianggap membosankan oleh sebagian siswa. Pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan seperti game edukasi dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas game edukasi sebagai media pembelajaran sejarah Mesir Kuno, dengan studi kasus pada game Archeologist: Ancient Egypt. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan kuesioner. Studi literatur dilakukan melalui Systematic Literature Review (SLR), untuk mengidentifikasi konsep-konsep utama mengenai efektivitas game edukasi dalam pembelajaran sejarah. Sedangkan kuesioner disebarkan kepada orang tua dan anak usia 7–12 tahun untuk memperoleh data persepsi terkait penggunaan game Archeologist: Ancient Egypt sebagai media pembelajaran sejarah Mesir Kuno. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 87,3% responden setuju bahwa game edukasi mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa, khususnya dalam pelajaran sejarah. 

Biografi Penulis

  • Vany Mulyati Ornella Gunawan, Institut Teknologi Nasional

    Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

  • Ganis Resmisari, Institut Teknologi Nasional

    Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain

1

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-23