PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF NEUROSAINS

Authors

  • Shofiyatuz Zahroh Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas NU Sidoarjo
  • Milla Ahmadia Apologia Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama IslamUniversitas Nahdlatu Ulama Sidoarjo
  • Rif’atul Anita Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama IslamUniversitas Nahdlatu Ulama Sidoarjo
  • Maulidiyah Usailatul Andiya Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama IslamUniversitas Nahdlatu Ulama Sidoarjo

Keywords:

Anak suia dini; Pembelajaran Al-Qur’an; Neurosains; Gaya belajar anak

Abstract

sehingga masa ini merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan stimulus terhadap setiap aspek perkembangan, terutama aspek kognitif serta nilai agama dan moral. Salah satunya melalui proses pembelajaran Al-Qur’an, dimana anak tidak hanya belajar menulis, mengenal huruf dan membaca, akan tetapi juga emahami isi kandungan Al-Qur’an yang dapat melatih kognitif, nilai agama dan moral serta sosial emosionalnya. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan metode pembelajaran Al-Qur’an yang tepat bagi anak usia dini dalam perspektif neurosains. Dimana, perkembangan otak merupakan pusat perkembangan dari seluruh perkembangan manusia. Maka dari itu, peneliti merekomendasian bahwa untuk melakukan proses pembelajaran Al-Qur’an sebaiknya mengikuti perspektif neurosains, dimana perkembangan otak perempuan dan perkembangan otak laki-laki berbeda. Serta, melihat bagaimana gaya belajar setiap anak, sehingga pendidik dengan mudah dapat menentukan metode yang akan digunakan, serta setiap anak akan dengan mudah di dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena telah mendapatkan kesempatan yang sama.

References

Ajeng, Ajeng Octatya Dwiyani, Anita Sarniya, Ofrima Eka Saputri, Masyunita Siregar, and Uswatul Hasni. “Pembelajaran Berbasis Neurosains Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 1 (June 30, 2023): 42–57. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol4.Iss1.99.

Fakhiroh, Ilmi Zakiyatul, Siti Shofiatun Nikmah, Nensy Triristina, Shofwatal Qolbiyyah, and Moh Irfan. “Aplikasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Pembelajaran Membaca Al – Qur’an.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum 1, no. 2 (June 24, 2022): 136–42. https://doi.org/10.32492/dimas.v1i2.68.

Maharani, Sri, and Izzati Izzati. “Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 2 (August 18, 2020): 1288–98. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.596.

Nurjayanti, Desi, Adriani Rahma Pudyaningtyas, and Nurul Kusuma Dewi. “Penerapan Program Taman Pendidikan Alquran (tpa) Untuk Anak Usia Dini.” Kumara Cendekia 8, no. 2 (June 30, 2020): 183–95. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.34631.

Rahmawati, Hasri, and Muhroji. “Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022): 6384–94.

Rijkiyani, Rike Parita, Syarifuddin Syarifuddin, and Nida Mauizdati. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Pada Masa Golden Age.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (April 27, 2022): 4905–12. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986.

Sanjaya, Maulinda Sulistyani, Dessy Farantika, and Devi Candra. “Identifikasi Gaya Belajar Anak Usia Dini.” Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (April 29, 2023): 52–62. https://doi.org/10.33367/piaud.v3i1.3641.

Saputra, Husyin, and Rubi Awalia. “Penggunaan Metode Dalam Pembelajaran Al-Qur’an.” JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN 1, no. 5 (July 26, 2023): 425–32.

Saputri, Isna Alfi, and Dian Ratnaningtyas Afifah. “Gaya Belajar Anak Usia Dini Kelompok B Tk Margobhakti Kota Madiun.” Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 6, no. 2 (January 11, 2021): 30–34. https://doi.org/10.2573/jcare.v6i2.3943.

Syahputra, Edi, Arya Wiranda, Syahwan Hamdany, and Pardamean Pardamean. “Analisis Perbandingan Uji Kemampuan Bahasa Indonesia Antara Pria Dan Wanita.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1, no. 3 (July 1, 2022): 251–58. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2511.

Zakiyah, Zaimatuz, Afdhal Fikri Mirma, M. Nur Pahlevi, and Nasiruddin. “Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Berbasis Diferensiasi Otak Laki-Laki Dan Perempuan (Studi Perspektif Neurosains).” Mukaddimah: Jurnal Studi Islam 6, no. 1 (2021): 60–83. https://doi.org/10.14421/mjsi.61.2868.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Shofiyatuz Zahroh, Milla Ahmadia Apologia, Rif’atul Anita, & Maulidiyah Usailatul Andiya. (2024). PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF NEUROSAINS . Al Manar, 2(1), 135–141. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/almanar/article/view/1239