ANALISIS STRATEGI PRODUSER MUSIK DANSA ELEKTRONIK DALAM MEMASARKAN KARYA SECARA MANDIRI DI ERA MODERN

ANALISIS STRATEGI PRODUSER MUSIK DANSA ELEKTRONIK DALAM MEMASARKAN KARYA SECARA MANDIRI DI ERA MODERN

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.03.01.5.

Kata Kunci:

MUSIK DANSA ELEKTRONIK (EDM), PEMASARAN KARYA, PRODUSER MUSIK

Abstrak

Musik Dansa Elektronik atau yang biasa kita kenal dengan (EDM) adalah suatu genre musik yang mengaplikasikan teknologi elektronik untuk menghasilkan komposisi musik yang didominasi oleh ritme dansa dan suara sintetis. Sejak kemunculannya pada akhir abad ke-20, EDM telah berkembang pesat dan mencakup berbagai subgenre seperti house, techno, trance, dubstep, dan drum and bass. Dengan menggunakan perangkat seperti synthesizer, drum machine, dan perangkat lunak produksi musik digital, EDM menciptakan pengalaman audio yang dinamis dan enerjik, sering kali diproduksi untuk konsumsi di klub malam, festival musik, dan platform digital. EDM tidak hanya menjadi bagian integral dari budaya musik global, tetapi juga mempengaruhi tren sosial, perilaku konsumen, dan industri hiburan secara luas. Karena pesatnya teknologi di era ini seseorang bisa dengan mudah membuat musik (EDM) di laptop atau pc mereka, tetapi walupun demikian ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat seseorang telah membuat musik (EDM) yaitu memasarkan karya mereka ke publik, yang dimana memasarkan sesuatu hasil yang kita buat atau produksi adalah salah satu aspek yang penting dimana jika kita tidak memasarkan sesuatu yang kita buat maka tidak ada satu pun orang yang menikmati atau merasakan hasil atau karya yang kita buat. Memasarkan produk atau karya perlu beberapa aturan-aturan dan perhatian serta strategi agar pemasarannya mencapai hasil yang memuaskan serta berhasil, Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas pentingnya perencanaan pemasaran yang cermat dalam mendukung keberhasilan pemasaran karya seni, serta mengkaji berbagai pendekatan yang digunakan oleh para produser musik untuk memasarkan karya mereka secara mandiri dengan efektif di era digital. Penelitian yang saya gunakan ini memakai jenis penelitian wawancara dan dokumentasi, metode penelitiannya berupa penelitian kualitatif deskriptif, yang dimana saya sebagai peneliti berusaha untuk menggambarkan fenomena yang diamati dengan cara yang detail dan sistematis serta memberikan wawasan yang lebih holistik mengenai topik yang diteliti dengan narasumber seorang produser musik yaitu DFAN yang berasal dari Bekasi, Indonesia.

Referensi

Juli Prastyorini, Hanifah Belen Fauziyyah. (2024). Strategi Bisnis Pemasaran. Surabaya: SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

RITA NURMALINA, Cicin Yulianti, Fitri, Anisa Dwi Utami, Ratna Mega Sari, Hepi Risenasari, Ratna Sogian Siwang, Husnul Khotimah, Nia Rosiana, Arifayani Rachman, Muis Hasibuan. (2015). PEMASARAN: Konsep dan Aplikasi. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Prof. Dr. Indrianty Sudirman, SE., M.Si, & Muhammad Ichwan Musa, SE., M.Si. (2023). STRATEGI PEMASARAN. Jln Perintis Kemerdekaan.Komp.Nusa Tamalanrea indah Blok A no 11 Kec. Tamalanrea Kel. Tamalanrea 90245 HP. 0812-4144-215: PENERBIT NTELEKTUAL KARYA NUSANTARA.

Dr. I Made Darsana, S.E., MΜ.Μ., Suci Rahmadani, Erni Salijah, S.E., M.M., C.F., C.Ftax, Ahmad Yasir Akbar, S.E., M.Mark., Khoirun Nisa Bahri, S.E., M.S.M., Nani Hamdani Amir, S.E., Μ.Ε., S. Hikmah Jamil, S.E., M.Ak., Dr. Hotden Leonardo Nainggolan, S.P., M.Si., Dr. Samuel PD Anantadjaya, & Dr. Arif Nugroho, B.Eng., M.Sc. (2023). STRATEGI PEMASARAN. Jalan Raya Puri Gading Cluster Palm Blok B-8 Kabupaten Badung, Bali: PENERBIT INTELEKTUAL MANIFES MEDIA (CV. Intelektual Manifes Media).

Benny Andiko, S.Sn., M.Sn. (2019). MUSIK ELEKTRONIK. Kota Jantho.

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. syakir Media Press.

Kurniawati, Dewi., & Arifin, Nugraha. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika/Volume 1/Nomor 2/September 2015, 193-198.

Habibi, Cahya Berto., & Irwansyah. (2020). KONSUMSI DAN PRODUKSI MUSIK DIGITAL PADA ERA INDUSTRI KREATIF. Meta Communication; Journal Of Communication Studies Vol 5 No 1 Maret 2020 P-ISSN: 2356-4490, E-ISSN: 2549-693X , 23-37.

Untari, Dewi., & Fajariana, Dewi Endah. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Volume 2 No. 2 September 2018 . P-ISSN 2550-0805, E-ISSN 2550-0791, 271-278.

Dewatara, Gerry Wahyn,. & Agustin, Sari Monik. (2019). PEMASARAN MUSIK PADA ERA DIGITAL DIGITALISASI INDUSTRI MUSIK DALAM INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA. WACANA, Volume 18 No. 1, Jum 2019, him. 1-10.

Andry, Johannes Fernandes,. & Tjee, Calvin. (2019). ANALISIS MINAT MAHASISWA MENDENGARKAN APLIKASI MUSIK BERBAYAR DAN UNDUHAN MUSIK GRATIS. Journal of Business and Audit information System Vol 2 (No.2): 9-15 2019 p-ISSN: 2615-6431 e-ISSN: 2620-7907. 9-15.

Lim, Virya Dharma., & Wibowo, Tony. (2020). Perancangan Media Sosialisasi Lagu Daerah Indonesia Menggunakan Pendekatan Electronic Dance Music. Journal of Information System and Technology, Vol.01 No.02, Nov 2020, pp.16-30 ISSN. 1-15.

Prey, R. (2018). Nothing personal: algorithmic individuation on music streaming platforms. Media, Culnre and Society, 40(7), 1086-1100. https://doi.org/10.1177/0163443717745147

Hery Suprapto. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR JASA PENGINAPAN DI KOTA LAMONGAN (STUDI PADA HOTEL MAHKOTA LAMONGAN). Jurnal penelitian Ilmu Manajemen (JPIM) 1049. Volume 4 No 3 Oktober 2019 p-ISSN:2502-3780, e-ISSN:2621-881X. 1049-1060

Diterbitkan

2025-05-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

ANALISIS STRATEGI PRODUSER MUSIK DANSA ELEKTRONIK DALAM MEMASARKAN KARYA SECARA MANDIRI DI ERA MODERN: ANALISIS STRATEGI PRODUSER MUSIK DANSA ELEKTRONIK DALAM MEMASARKAN KARYA SECARA MANDIRI DI ERA MODERN. (2025). TALI JAGAD JOURNAL, 3(1), 35-43. https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.03.01.5.