PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MOBIL INNOVA REBORN DI SHOWROOM TOYOTA PT DUNIA BARUSA BATOH

Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Mobil Innova Reborn Di Showroom Toyota PT. Dunia Barusa Batoh

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.03.01.3.%20

Kata Kunci:

Ekuitas Merek, Keputusan Konsumen

Abstrak

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menilai dampak ekuitas terhadap keputusan pembelian mobil Innova

Reborn di PT. Dunia Barusa Batoh. Desain penelitian yang diterapkan adalah penelitian

kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik non-probability sampling,

dan metode yang digunakan untuk mengambil responden adalah Accidental Sampling. Metode

analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu regresi linier ganda dan ujian t.

Berdasarkan analisis data uji t, dapat disimpulkan bahwa kesadaran merek memiliki pengaruh

positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Innova Reborn di PT. Dunia Barusa,

asosiasi merek memberikan pengaruh negatif yang signifikan secara parsial terhadap keputusan

pembelian mobil Innova Reborn PT Dunia Barusa, persepsi kualitas memberikan pengaruh positif

dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian mobil Innova Reborn PT Dunia

Barusa, serta loyalitas merek memberikan pengaruh positif dan signifikan secara parsial parsial

terhadap keputusan pembelian mobil Innova Reborn PT Dunia Barusa

Kata Kunci: Ekuitas merek, asosiasi merek, kualitas merek, loyalitas merek dan keputusan

pembelian

Referensi

Referensi

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit

Qiara Media.

Jintu, E. D., Rodhiyah, & Andi, W. (2020). Pengaruh elemen-elemen ekuitas merek terhadap

keputusan pembelian mobil Toyota.

Mahmud, A. (2022). Peran Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembelian

Mobil di Salah Satu Showroom di Kota Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business.

(1).

Marnah, Mustika. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota

Avanza Pada Pt. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo Makassar. Skripsi. Universitas

Muhammadiyah Makassar.

Meliantari, D. (2023). Produk dan Merek. Purbalingga : Eureka Media Aksara.

Pakpahan, E., & Rizki, A. W. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Alat Laboratorium dan Reagensia Pada PT Rajaerba Indochem Cabang Medan. 1(1).

Putri, D. B. dkk. 2021. Brand Marketing. Bandung : Grup CV. Widina Media Utama.

Ranumihardja, A. T. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek Toyota Terhadap Keputusan Pembelian

(Studi Kasus Pada Astrido Karawaci). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis. 1(2).

Wibawa, A. P. & Sayang, T. (2022). Pengaruh ekuitas merek dan desain produk terhadap

keputusan pembelian mobil toyota di pt. Agung automall cabang jembrana. Jurnal Managemen

dan Bisnis. 4(3).

Diterbitkan

2025-05-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MOBIL INNOVA REBORN DI SHOWROOM TOYOTA PT DUNIA BARUSA BATOH: Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Mobil Innova Reborn Di Showroom Toyota PT. Dunia Barusa Batoh. (2025). TALI JAGAD JOURNAL, 3(1), 21-26. https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.03.01.3.