Pengaruh Pelayanan Admin E-Commerce dalam Menjawab Pertanyaan Customer Terhadap Kemajuan Usaha Digital Printing

Pengaruh Pelayanan Admin E-Commerce dalam Menjawab Pertanyaan Customer Terhadap Kemajuan Usaha Digital Printing

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.03.01.1

Kata Kunci:

Digital Printing, E-Commerce, Kemajuan Usaha, Pelayanan Admin

Abstrak

E-commerce telah berkembang pesat dan menjadi pilihan utama konsumen, termasuk dalam usaha digital printing . Pelayanan admin yang cepat, jelas dan responsif menjadi faktor penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung pertumbuhan usaha. Penelitian ini menganalisis pengaruh pelayanan admin e-commerce terhadap kemajuan usaha digital printing , dengan fokus pada kecepatan tanggapan, kejelasan informasi, dan sikap pelayanan dalam meningkatkan penjualan, jumlah pelanggan tetap, dan loyalitas pelanggan. Menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel diambil melalui teknik simple random sampling dan data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis dilakukan menggunakan SPSS dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan admin e-commerce berpengaruh signifikan terhadap kemajuan usaha digital print . Hasil uji t menunjukkan t_(hitung) = 3,955 > t_(tabel) = 1,313 dengan signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa pelayanan yang cepat dan informatif dapat mempercepat pertumbuhan usaha. Kualitas pelayanan admin juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas, dengan koefisien regresi 0,530. Temuan ini pentingnya pelayanan admin dalam mendorong perkembangan bisnis digital printing .

Referensi

Affan, M. W. (2022). Analisis Penggunaan E-Commerce: Faktor Yang Mempengaruhi dan Dampaknya Bagi UMKM. Jurnal Akademi Akuntansi, 5(3), 392–403. https://doi.org/10.22219/jaa.v5i3.22013

DataIndonesia.id. (2024). Kumpulan Data Seputar Perkembangan E-Commerce di Indonesia pada 2023 dan 2024. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/laporan-kumpulan-data-seputar-perkembangan-ecommerce-di-indonesia-pada-2023-dan-2024

Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.392

Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253–274. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912

Hidayah, N., & Indarti, S. (2016). Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) terhadap Budaya Kualitas dan Daya Saing untuk meningkatkan Kinerja perusahaan (Studi pada Usaha Mikro Percetakan Digital Printing di Kota Pekanbaru-Riau) Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) terha. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VIII(3), 1–17.

Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2020). Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Penggunaan E-Commerce. Sosio E-Kons, 12(02), 125. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v12i02.6451

Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 413–423.

Kementerian Perdagangan. (2024). Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023. 1–8.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson Education.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134

Nasution, M. D. T. P., Rafiki, A., Lubis, A., & Rossanty, Y. (2021). Entrepreneurial orientation, knowledge management, dynamic capabilities towards e-commerce adoption of SMEs in Indonesia. Journal of Science and Technology Policy Management, 12(2), 256–282. https://doi.org/10.1108/JSTPM-03-2020-0060

Novitasari, I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E- Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Universitas Alma Ata Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2018 – 2021. IJMA (Indonesian Journal of Management And Accounting, 1(2), 76–94.

Saharja, K., & Gobal, R. (2021). Pengaruh Waktu Proses Produksi Digital Printing Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Produk Cetak. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 5(1), 458–469.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Transaksi Online Shopping Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal), 9(1), 23–36.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, W. R. ., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Restoran ABC di Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta (JKMT), 1(3), 82–91. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i3.70

Diterbitkan

2025-05-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengaruh Pelayanan Admin E-Commerce dalam Menjawab Pertanyaan Customer Terhadap Kemajuan Usaha Digital Printing: Pengaruh Pelayanan Admin E-Commerce dalam Menjawab Pertanyaan Customer Terhadap Kemajuan Usaha Digital Printing. (2025). TALI JAGAD JOURNAL, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.03.01.1