Knowledge Sharing sebagai mediasi Gaya Kepemimpinan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di Al-Banjari ZEROFAZA Grub Sidoarjo

Knowledge Sharing as a Mediating Leadership Style to Improve Learning Achievement at Al Banjari Zerofaza Grub Sidoarjo

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.02.4

Kata Kunci:

Knowledge Sharing, Mediating Leadership, Learning Achivement.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung gaya  kepemimpinan,pengaruh secara penuh knowledge Sharing mediasi gaya  kepemimpinan untuk meningkatkan prestasi belajar di Albanjari Zerofaza grub  Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif  dengan menggunakan alat analisis PLS 4 untuk mengukur hasil dari knowledge  Sharing sebagai mediasi gaya kepemimpinan untuk meningkatkan prestasi belajar  di Al-banjari Zerofaza grub Sidoarjo.penelitian ini menggunakan analisis  deskriptif dengan 40 responden dengan teknik pengambilan sampel sampling  purposiv, Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge Sharing sebagai  mediasi gaya kepemimpinan untuk meningkatkan prestasi belajar di albanjari zerofaza grub sidoarjo dapat dikatakan cukup baik. Gaya kepemimpinan  memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui  knowledge sharing di albanjari zerofaza grub sidoarjo

Referensi

Andreas, S., & Surjani, S. (2019). Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Milik Pemerintah. 5(3), 46–57.

Astuti. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMP. 10(2), 181–198.

Azeti, S., Mulyadi, H., & Purnama, R. (2019). Peran motivasi belajar dan disiplin belajar pada prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. 4(2).

Dikdaya, J. I. (2020). Pengaruh Pemahaman Knowledge Sharing terhadap Prestasi Mahasiswa yang Melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan ( Studi pada Mahasiswa STKIP Nasional Padang Pariaman ). 10(April), 78–85. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i1.161

Dr.ir.paul Lumbantobing, M. en. (2011). manajemen knowledge sharinng berbasis komunitas (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

FAJRI, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Fitriyana Mawarni. (2019). Kata Kunci : Model Pembelajaran Mencari Informasi, Prestasi Belajar. 9(2), 1–14.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hanum, L. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 36–54. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.5

Hasnawati, Sapiri, M., & Ruslan, M. (2021). Gaya Kepemimpinan Dan Peningkatan Kinerja.

Jaya, N., Mukhtar, A., & UA, A. N. A. (2020). Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1393

Kartono. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan (rahmatika (ed.); 2016th ed.). pt grafindo persada.

khoe yao tung. (2018). memahami knowledge management (B. Sarwiji (ed.)). permata puri media.

larassaty. (2022). Trend Seminar Online Kewirausahaan; Kapabilitas Daya Serap Pengetahuan sebagai Mediasi Knowledge Sharing Anggota UKM dalam Menciptakan Inovasi UKM di Sidoarjo. 8(1), 75–86.

Mahfud Sholihin, D. R. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 (Seno (ed.)). CV.ANDI OFFSET.

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi pendidikan : Dengan pendekatan baru / Muhibbin Syah.

Nuraidah. (2021). Pengaruh Job Description Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Eprints Universitas Negeri Makassar, 12.

Nurcahyo, S. A., & Wikaningrum, T. (2020). Peran Knowledge Sharing, Learning Organization Dan Individual Innovation Capability Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 1–25.

Permanasari, L., Pradana, K. C., Payung, D., Lampung, K. B., Sang, U., Ruwa, B., Matematika, H. B., & Pembelajaran, M. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP THE INFLUENCE OF ACTIVE KNOWLEDGE SHARING LEARNING MODEL ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF JUNIOR. 01(01), 1–7.

Rusdiana, J. J. dan. (2020). Buku Kepemimpinan Pendidikan 2020.pdf (pp. 38–40).

Salsabila, A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI. 2, 278–288.

Siswanti, Y. (2015). DENGAN KEPEMIMPINAN MANAJERIAL YANG ‘ SMART ’ DENGAN PENDEKATAN.

Suci, W., Raharjo, K., & Wulida, T. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap knowledge sharing dan kepuasan kerja oleh ketidakpuasan karyawan . Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 379–399.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (M. dr.ir.Sutopo. S.pd (ed.); cetakan 2).

zaiful rosyid. (2019). prestasi belajar (H. Sa;diyah (ed.); 1st ed.).

Diterbitkan

2024-11-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Knowledge Sharing sebagai mediasi Gaya Kepemimpinan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di Al-Banjari ZEROFAZA Grub Sidoarjo: Knowledge Sharing as a Mediating Leadership Style to Improve Learning Achievement at Al Banjari Zerofaza Grub Sidoarjo. (2024). TALI JAGAD JOURNAL, 2(2), 22-36. https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.02.4